Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Memori HP Penuh dan Cara Mengkosongkan Ruang Penyimpanan

Fimela.com, Jakarta Masalah ponsel terkadang akan membuat penggunanya merasakan frustasi terutama saat mereka mendapatkan pesan berisikan “Penyimpanan telepon penuh”. Hal ini tentu akan membuat kita segera menghapus beberapa foto, file, bahkan applikasi yang membuat memori penuh.

Terkadang tanpa sadar kita mengisi kapasitas penyimpanan hingga banyak, padahal beberapa ponsel sendiri memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat banyak. Masalah satu ini ternyata kerap terjadi oleh banyak orang, bahkan diantara mereka akan melakukan penghapusan demi kapasitas penyimpanan kosong kembali.

Apa yang akan kamu lakukan saat mendapatkan pesan bahwa penyimpanan sudah penuh? Tak jarang dari kita akan membersihkan penyimpanan internal. Untuk itu kamu perlu mengetahui apa saja penyebab memori hp penuh yang kerap terjadi:

1. Lagu, Podcast, atau Video Lama

Saat kamu menggunakan Spotify, YouTube Premium, atau beberapa applikasi media lainnya yang membutuhkan pengunduhan terkadang akan membuat hp memiliki file yang sangat besar, terutama jika durasi dari video atau lagu yang cukup lama. Ada baiknya sebelum kamu mengunduh pastikan untuk memeriksa apakah file tersebut memiliki kapasitas yang besar atau tidak.

2. Email dan Draft yang Lama

Pasti kamu akan terkejut bahwa email maupun draft dapat menyebakan memori hp cepat penuh, terkadang akan ada pesan yang tidak kita inginkan melalui email seperti spam, sampah, atau draft.

Membersihkan email secara teratur ternyata dapat membuat kosong banyak ruang, jadi ada baiknya saat kamu akan menghapus email pilihlah yang penting dan mengandung pesan spam karena hal ini sangat mengganggu.

Apabila kamu merasa ragu untuk menghapus email dari kontak masuk, ada baiknya untuk melihat draft. Folder satu ini biasanya akan berisi email setengah tertulis yang tidak lagi kamu perlukan yang perlu kamu hapus.

3. Konten yang Diunduh Secara Otomatis

Terkadang aka nada beberapa applikasi media social yang secara otomatis akan mengunduh media apapun dan masuk ke penyimpanan internal ponsel. Seperti halnya ketika kamu menggunakan WhatsApp dan mengaktifkan “Unduh Video/Foto Otomatis” maka ketika seseorang mengirimkan video atau foto maka akan membuat WhatsApp melakuakn unduhan secara otomatis, untuk menghindarinya kamu perlu mematikan pengaturan “Visibilitas Media”.

4. Applikasi yang Tidak Bisa Dihapus, Tapi Tidak Dibutuhkan

Saat membeli hp baru terkadang akan ada beberapa applikasi bawaan dari hp tersebut, terkadang kita akan berfikir “Apakah applikasi tersebut berguna atau perlu dihapus?”.

Beberapa applikasi bawaan terkadang tidak dapat dihapus, hal inilah yang dapat membuat memori cepat penuh. Akan tetapi, ternyata ada cara untuk meminimalkan beberapa banyak ruang yang digunakan applikasi ini. Menonaktifkan applikasi ternyata dapat menghentikan berjalannya dan membatasi jumlah penyimpanan yang dapat kamu gunakan.

5. Cache yang Tidak Dihapus

Data cache merupakan sebuah data sementara yang didapatkan dari applikasi yang sedang kamu gunakan selai itu, cache juga dapat berbentu perangkat keras atau perangkat lunak. Tetapi, cache juga dapat menyimpan data yang tidak lagi diperlukan, oleh karena itu hal ini dapat menghabiskan ruang penyimpanan tanpa kita sadari. Kamu dapat menghapus cache di ponsel melalui browser yang kamu gunakan seperti Google, Firefox, Safari, dan lainnya. Cukup masuk ke pengaturan dan klik opsi “Hapus riwayat” atau “Hapus data penelusuran”.

Bagaimana Cara Menghapus Penyimpanan dengan Cepat

Berikut ada dua cara yang dapat kamu lakukan untuk mengosongkan penyimpanan dengan cepat dalam beberapa langkah yang mudah.

1. Hapus File Cache

Setiap applikasi membuat data sementara yang digunakan secara berjalan, yang dikenal sebagai file cache. Kamu dapat menghapus file cache saat penyimpanan ponsel penuh, berikut langkah yang dapat kamu lakukan:

  • Buka pengaturan > Penyimpanan
  • Ketuk Data Cache
  • Hapus Data yang ada di Cache

2. Hapus File Lama

Sebagian besar android memiliki opsi “smart srorage option”, hal ini dapat mengidentifikasi file lama yang tidak terpakai dan dapat menghapusnya secara otomatis. Untuk menghapus file lama, berikut beberapa langkah yang dapat kamu lakukan:

  • Buka pengaturan dan kemudian pengaturan penyimpanan di ponsel.
  • Ketuk opsi “Kelola penyimpanan”.
  • Aktifkan opsi penyimpanan cerdas dan pilih periode per hari.

Jika kamu terus menerus merasakan tak nyaman saat file penyimpanan penuh, ada baiknya untuk mengikuti beberapa langkah diatas agar file penyimpanan kosong.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading