Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Sinyal HP Hilang yang Sering Terjadi dan Bikin Kesal

Fimela.com, Jakarta Saat kehabisan kuota internet tentu akan membuat kita kesal dan sedih akan tetapi hal ini dapat diatasi dengan membeli kuota, tetapi bagaimana jika kamu memiliki kuota yang banyak dan sinyal hilang secara tiba-tiba padahal sebelumnya sinyal 4G dan sangat cepat. Kejadian satu ini sering dialami oleh banyak orang, terutama saat mereka berada di berbagai tempat yang berbeda. 

Kehilangan sinyal mungkin menjadi masalah umum yang terjadi oleh beberapa orang, perlu kamu tahu bahwa sinyal yang hilang biasanya akan kembali dengan sendirinya. Jadi kamu tidak perlu khawatir, banyak orang yang mengatasi hal ini dengan menggoyangkan hp, mematikan data, atau mungkin restart hp.

Ternyata sinyal yang hilang sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tempat maupaun cuaca, hal ini mungkin juga menandakan adanya masalah pada hp yang kamu miliki. Berikut beberapa penyebab sinyal hilang saat smartphone sedang digunakan:

1. Tempat atau Bangunan

Ternyata beberapa tempat yang kamu singgahi juga dapat menghalangi sinyal smartphone dan membuatnya semakin melambat atau mungkin terputus, seperti bahan bangunan yang terbuat dari baja, beton, batu batu, hingga kaca dapat mempengaruhi sinyal smartphone yang kamu miliki.

Sementara jika kamu berada ditempat yang penuhi dengan logam akan memblokir akses sinyal yang akan diterima oleh smartphone kamu. Untuk mengatasi kehilangan sinyal atau pemblokiran sinyal ada baiknya jika kamu mencari akses jendela atau pintu untuk mendapatkan sinyal kembali.

2. Lingkungan

Sama seperti tempat maupun bahan bangunan yang kamu singgahi, ternyata lingkungan, geografi, maupun alam dapat memblokir sinyal dan gelombang pada smartphone. Ketika kamu berjalan atau sedang bermain ke pegunungan maupun pantai dan menikmati keindahan alamnya, tetapi saat akan mengabadikannya melalui applikasi pasti sering merasa kehilangan sinyal. 

3. Cuaca yang Buruk

Alam maupun lingkungan menjadi salah satu penyebab kehilangan sinyal, ternyata cuaca yang buruk juga menjadi salah satu faktor dari kehilangan sinyal yang kamu alami. Hujan yang lebat maupun salju yang sangat lebat dapat memberikan koneksi buruk, smartphone memanfaatkan gelombang elektromagnetik dan cuaca dengan mudah akan mengganggu penerimaannya. 

4. Lalu Lintas

Menara telpon seluler tentu memiliki kapasitasnya tersendiri ketika mencapai angka tersebut maka smartphone atau panggilan yang kita lakukan akan berhenti sendiri maupun dialihkan. Hal ini berarti ketika kita menggunakan jaringan 4G secara bersama-sama maka akan membuat koneksi jaringan semakin melambat.

5. Jarak

Ketika lalu lintas dan kepadatan yang kita lalui sepanjang hari membuat sinyal menjadi tersumbat atau lebih lama, maka jarak juga menjadi salah satu penyebabnya. Pernahkah kamu menelfon seseorang yang berada di luar kota atau mungkin luar pulau? Masalah kehilangan sering terjadi saat kalian mencoba untuk menelfon satu sama lain. 

Selain itu jarak dari menara seluler juga memiliki dampak pada kekuatan sinyal yang mungkin kita terima, jika jarak dari menara seluler sangatlah jauh maka hal ini dapat mempengaruhi kekuatan sinyal yang kamu gunakan.

6. Baterai yang Lemah

Selain faktor alam maupun cuaca ternyata smartphone yang memiliki baterai lemah menjadi salah satu penyebab kehilangan sinyal, meskipun hal ini tidak terjadi oleh beberapa orang. Sinyal yang buruk maupun kecepatan sinyal yang kamu gunakan dapat menguras baterai pada smartphone, maka dari itu banyak orang yang menggunakan WiFi agar memiliki sinyal yang stabil dan baterai yang tidak cepat terkuras.

7. Antena Terblokir

Banyak model smartphone yang diperjualbelikan saat ini, mulai dari kotak hingga persegi panjang pada umumnya Tetapi tahukan kamu bahwa akseseoris yang mungkin kamu gunakan pada smartphone dapat membuat sinyal terblokir, hal ini juga dapat membuat antena terblokir saat kamu menggunakan casing ponsel. 

Kehilangan sinyal merupakan hal yang wajar dan dapat terjadi oleh banyak orang akan tetapi masalah satu ini terkadang membuat banyak orang kesal. Beberapa masalah kehilangan sinyal dapat kamu atasi dengan mudah atau terkadang sinyal yang hilang akan kembali dengan sendirinya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading