Sukses

Lifestyle

5 Penyebab HP Lama di Cas dan Beberapa Cara yang Perlu Kamu Perhatikan

Fimela.com, Jakarta Setiap handphone yang ditawarkan pada pasaran tentu memiliki speksifikasi dan kondisi baik, ketika kamu akan membeli hp apa yang pertama kali kamu lihat pada spesifikasinya? Beberapa orang mungkin akan menjawab kamera, memori, dan baterai hp yang tahan lama.

Jika kita membeli hp tapi baterai tidak tahan lama tentu akan membuat kita untuk mencharge baterai terus menerus sepanjang hari. Kualitas hp juga bergantung pada baterai hp yang kita miliki, jika selama 3 jam sekali harus membuat kamu charge hp tentu akan memakan banyak waktu untuk bermain handphone seharian.

Hp yang sudah digunakan dalam jangka waktu lama tentu peformanya akan menurun, hal ini juga tergantung bagaimana cara kita menggunakan dan merawat hp sendiri. Tapi pernahkah kamu mengalami cas hp yang membutuhkan waktu lama untuk full 100%? Dalam artikel ini kita akan membahas apa saja penyebab hp lama di cas yang sering kamu alami:

1. Aksesoris yang Buruk

Alasan yang paling sering terjadi bahwa hp kamu lama di cas adalah kamu memiliki kabel atau adaptor yang buruk, bahkan sumber daya yang begitu lemah. Kabel USB yang sering digunakan terutama jika banyak pengguna dan perangkatnya akan menjadi buruk.

Selain itu penyimpanan kabel yang sering jatuh, ditekuk, disimpan pada suhu lokasi akan berubah secara signifikan. Jangan sembarangan untuk menggunakan kabel pengisian daya, pilih salah satu kabel yang terbaik agar hp kamu lebih tahan lama.

2. Masalah Jaringan yang Buruk

Kabel bukan salah satu elemen yang dapat mengalami masalah dari pengisian daya harian, Port ini biasanya akan melakukan pengisian daya pada ponsel juga dapat mengalami kerusakan.

Kamu dapat melihat port untuk korosi maupun obstruksi, kamu dapat mengecek dengan menggunakan senter dan perbesar untuk melihat di dalam port ponsel. Kemudian menyingkirkan benda apapun seperti serat, debu, ataupun yang lainnya dan pastikan untuk berhati-hati agar tidak merusak komponen port.

3. Applikasi Latar Belakang (Background)

Background yang menarik, simple, cantik, tentu banyak dimininati oleh orang. Ternyata hp akan membutuhkan waktu lama untuk pengisian daya  jika kamu menggunakan background video ataupun memiliki cakupan memori yang cukup besar. Baik kamu pengguna Android maupun iOS memiliki cara untuk mengetahui apa saja applikasi yang berjalan di background.

  • Bagi kamu pengguna Android dapat melihat pada menu penggunaan baterai yang terletak pada Pengaturan > Baterai (atau mungkin di bawah pada bagian Perawatan Perangkat).
  • Sedangkan kamu pengguna iOS, dapat pilih baterai di applikasi pengaturan untuk melihat applikasi mana yang menggunakan baterai paling banyak.

Beberapa applikasi mungkin akan menunjukkan penggunaan baterai yang tinggi karena kamu sering menggunakannya. Carilah applikasi yang memiliki penggunaan waktu minimal tapi penggunaan baterai cukup tinggi.

4. Baterai yang Sudah Lama

Jika ponsel kamu sudah berusia lebih dari dua atau tiga tahun, dan telah banyak digunakan selama periode tersebut mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan mengganti baterai. Baterai lithium-ion tidak akan bertahan selamanya dan hanya dapat diisi ulang dalam beberapa kali.

Oleh sebab itu, bisa jadi baterai itu yang dapat menyebabkan pengisian melambat. Meskipun sekarang sudah jarang beberapa ponsel yang memiliki bagian belakang dan dapat dilepas, tapi ada baiknya jika kamu pergi ke konter untuk servis tentu menggantu baterai.

5. Menggunakan Ponsel Saat Mengisi Daya

Siapa disini yang sering bermain hp padahal masih di cas? Tangan kita memang gatal bahkah tak tahan jika berlama-lama tak bermain hp. Padahal penyebab hp lama di cas adalah ketika kamu sering memainkannya, beberapa applikasi yang terkanl karena menguras masa pakai baterai adalah Facebook. Beberapa ponsel tentu akan kesulitan untuk mengecas jika kamu terus memainkannya, letakkan ponsel dan biarkan mengisi daya dengan sendirinya.

Jika kamu mengalami masalah saat hp sedang di cas, kamu dapat mengecek apa saja penyebab yang memungkinkan hp kamu lambat melakukan pengisian daya. Jangan biarkan hp di suhu yang terlalu panas, karena hal itu akan memperlambat pengisian daya. Letakkan dan biarkanlah saat kamu melakukan pengisian daya pada hp.  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading