Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Kamera HP Buram Serta Cara Mengatasinya dengan Mudah dan Efektif

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami kamera buram saat ingin memotret? Tentu hal ini akan membuat kamu keasl. Pasalnya kamera hp yang ingin kamu gunakan untuk memotret hal ini jadi terkendala. Ketika kamu membuka kamera hp menjadi buram, seperti objek dan gambar orang menjadi kabur, tentu akan membuat kamu bingung cara mengembalikannya menjadi semula.

Mungkin juga kamera kamu menjadi buram karena menggunakan mode foto yang berbeda dari biasanya, seperti saat kamu menggunakan mode selfie biasanya kamera tidak terlalu buram. Hal ini tentu yang menjadi masalah adalah kamera belakang bukan kamera depan kamu.

Meskipun begitu terkadang kita juga akan penasaran apa saja penyebab kamera hp menjadi buram sehingga sulit untuk memotret. Berikut beberapa penyebab kamera hp buram dan berbagai tips yang mungkin belum kamu tahu:

1. Lensa Kamera Banyak Sidik Jari atau Minyak

Saat kamu memasukkan hp ke dalam saku atau tas, maka hp kamu akan bersentehudan dengan serat atau debu. Ketika kamu mengeluarkannya maka ada kemungkinan bahwa kamu menyentuh kamera dan melihat ada sidik jadi pada lenas.

Ada baiknya jika kamu membersihkan lensa kamera terlebih dahulu sebelum mengambil gambar, setelah membersihkannya cobalah untuk memotret dan melihat apakah hasilnya masih buram.

2. Casing yang Menganggu

Melihat casing lucu dan unik tentu akan menarik perhatian kita. Namun, ternyata ada beberapa casing yang mungkin mengganggu lensa kamera kamu. Bevel pada casing hp juga akan mengganggu lensa kamera karena transmisi cahaya. Kamu dapat mencoba untuk melepaskan casing kamera untuk diuji, jika kamu menemukan masalah pada casing kamu sebaiknya untuk menggantinya.

3. Lensa Kamera Berkabut di Area Kelembabpan Tinggi

Jika kamu tinggal di daerah yang dingin dan berkabut, mungkin akan membuat kamera kamu menjadi buram. Ada baiknya jika menggunakan kain pembersih yang lembut untuk membersihkan lensa kamera sebelum mengambil gambar. Jangan lupa untuk membersihkan kaca kamera saat di area berkabut dan di kondisi tertentu.

4. Beralih Mode Kamera

Masuk ke applikasi kamera dan memiliki mode yang tersedia pada kamera kamu, seperti portrait, panorama, dan lainnya. Cobalah beberapa mode dan lakukan secara berulang, tentu kamu harus menekan layar pada objek dan fokus untuk mengunci objek itu.

5. Bersihkan Canche Applikasi Kamera

Kamu juga dapat mengahapus canche pada applikasi kamera untuk mengoptimalkan kamera. Masuk ke pengaturan sistem – applikasi – urutkan berdasarkan semua – kamera. Kemudian kamu dapat mengkosongkan cache untuk kamera dan menhapus beberapa masalah yang dapat menyebabkan ponsel kamu mengambil gambar buram.

6. Mengambil Gambar dari Objek Bergerak

Mungkin penyebab kamera kamu menjadi buram selanjutnya karena kamu mengambil gambar daru objek yang bergerak. Seperti kereta, mobil, kapal, sepeda motor, maupun pesawat yang bergelombang. Hal ini tentu akan menyulitkan ponsel kamu untuk berfokus pada objek saat kamu mencoba mengambil fotonya.

7. Versi Hp yang digunakan

Kamu akan terkejut jika versi hp dapat menyebabkan kamera menjadi buram. Hal ini mungkin akan menjadi alasan untuk gambar tidak fokus, karena bug dalam beberapa versi. Kamu dapat mencoba dengan memperbaharui hp yang kamu gunakan dan mengecak kamera secara berkala.

Cara Mengatasi Kamera HP Buram

  • Install Kamera Lain : Kamu dapat install beberapa applikasi untuk mengoptimalkan cara kerja kamera. Hal ini terkadang di perlukan jika terkadang terdapat bug di applikasi kamera bawaan, oleh karena itu ada baiknya jika kamu mengunduh applikasi kamera.
  • Debu di Dalam Lensa Kamera : Jika kamu melihat debu atau kotoran yang yoba-tiba menghilang pada lensa kamera, padahal kamu tidak membersihkannya. Maka kamu harus berhati-hati, ada baiknya jika kamu menyarankan hp kamu untuk dibersihkan dengan ahlinya.
  • Acak pengaturan dalam Kamera : Jika kamu belu mengubah pengaturan kamera dan masih memerlukan untuk mengembalikan semua pengaturan kamera default maka ada baiknya jika kamu memperbaiki masalah foto yang tidak jelas.

Kamu juga dapat mencoba beberapa cara lain yang paling sederhana dan memiliki tingkat keberhasilan tinggi. Kamu dapat membalikkan  kamu dan tepuk kamera dengan jari, dengan beberapa ketukan di beberapa kasus akan membuat kamera kamu menjadi lebih fokus.

Penyebab maslaah pemfokusan kamera bisa menjadi beberapa penyebab, karena ada hal kecil yang bergerak dan macet. Namun, masalah ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan fisik atau cairan dalam perangkat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading