Sukses

Lifestyle

Atalia Praratya dan Ridwan Kamil Sampaikan Pesan Menyentuh Usai Pemakaman Eril

Fimela.com, Jakarta Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Ridwan Kamil telah dimakamkan pada Senin (13/6/2022). Prosesi pemakaman yang berlangsung lancar dihadiri keluarga, sanak saudara, dan ribuan warga yang turut mendoakan kepergian Eril.

Ridwan Kamil bersama sang istri, Atalia Praratya, setia mendampingi Eril hingga menuju peristirahatan terakhirnya. Eril dimakamkan di Cimaung yang menjadi kampung halaman sang ibu dan berada di dalam kawasan Islamic Center Baitul Ridwan yang sedang dibangun.

Ridwan Kamil telah menyiapkan tempat istimewa bagi Eril dengan merancang sendiri makam untuk sang putra sulung. Sebelum dikubur dengan tanah, Ridwan Kamil secara simbolik menaburkan tanah ke dalam liang lahad Eril.

Sekitar pukul 11.38 WIB, peti jenazah Eril telah tertutup rapat dan menyatu dengan tanah. Kayu nisah yang bertuliskan nama lengkap Eril pun tertancap tegak di atas pusara. Prosesi pemakaman berlanjut dengan menabur bunga oleh ayah, ibu, adik, serta keluarga dan kerabat almarhum.

 

Atalia Praratya tulis pesan seusai pemakaman Eril

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by atalia praratya (@ataliapr)

Proses pemakaman ditutup dengan doa yang dipimpin Prof Dr KH Badruzzaman M Yunus, M.Ag serta kata sambutan dari Ridwan Kamil sebagai pihak keluarga.

Selepas pemakaman Eril rampung, sang ibu, Atalia Praratya, mengunggah pesan haru untuk sang putra sulung.

"Melepasmu dengan keikhlasan adalah bentuk cinta tertinggi kami padamu, A Eril.." tulisnya.

"Semoga Aa tenang di surga dalam balutan kasih sayang Allah swt. Surga yang digambarkan begitu indah yang mengalir dibawahnya sungai sungai…

Ijinkan kami memelukmu lagi nanti bila waktunya tiba…

Tunggu ya sayang..Insya Allah kita akan bersama lagi..❤️," lanjut Atalia.

 

Pesan yang tulis Ridwan Kamil

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Tidak hanya Atalia, Ridwan Kamil sebagai sang ayah juga turut menyampaikan pesan untuk Eril selepas pemakaman usai.

"Dear Eril, selamat beristirahat dengan dengan tenang sekarang. Doa-doa kami akan selalu menerangi alam kuburmu.

Mulai esok Ijinkan papap, mamah, zara dan arka melanjutkan kehidupan fana ini dengan semangatmu di setiap langkah kami.

Hatur nuhun atas segala memori dan pelajaran itu," tulis Ridwan Kamil dalam Instagramnya.

 

Mohon izin beradaptasi dalam suasana duka

Dalam kata sambutan usai pemakaman Eril, Ridwan Kamil menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dimulai dari proses pencarian hingga pemakaman yang berlangsung kemarin. Di depan awak media, Ridwan Kamil juga menyampaikan permohonan maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan.

“Mohon maaf kalau selama 14 hari ada hal-hal yang kurang berkenan. Ada hal-hal yang tidak nyaman, semata-mata kami berusaha berikhtiar sebaik-baiknya,” kata suami Atalia Praratya.

“Semoga 14 hari ini mudah-mudahan menjadi pembelajaran bagi kita semua bahwa ternyata jutaan doa itu datang dari amal ibadah dan kebaikan yang kita tabur selama ini di dunia,” ia menambahkan.

“Kami sebagai orangtua sudah sangat ikhlas, sudah sangat tenang. Mengucapkan syukur alhamdulillah dimakamkan di tempat yang baik, melalui proses yang baik, didoakan melalui cara yang baik,” kata dia lagi.

Ridwan Kamil juga memohon izin kepada masyarakat dan awak media untuk beradaptasi di tengah suasana duka dengan tidak melakukan sesi tanya jawab.

“Nanti akan ada waktunya saya bisa bicara lebih baik, lebih panjang, lebih lebar. Tapi izinkan kami, kali ini untuk menyesuaikan diri, beradaptasi terhadap situasi duka yang sedang kami alami ini,” ia melanjutkan.

What's On Fimela
Loading