Sukses

Lifestyle

6 Cara Mudah Kontrol Porsi Makan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Ketika jam makan datang apalagi di waktu sibuk saat bekerja, ada kecenderungan untuk memastikan perut terisi, tanpa memikirkan porsi yang sesuai dengan kebutuhan. Efek dari konsumsi makanan tanpa memperhatikan porsi sesuai kebutuhan jarang dipikirkan.

Mengetahui pemicu-pemicu makan dengan porsi berlebihan atau pun sebaliknya sangat penting untuk mengukur porsi makanan yang harus dikonsumsi seseorang. Porsi makan merupakan jumlah makanan yang dikonsumsi seseorang untuk satu kali makan.

Mengontrol porsi makan menjadi sangat penting dilakukan karena dengan begitu asupan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan tubuh terpenuhi. Manfaat lainnya dari mengontrol porsi makan adalah terjaganya keproporsionalan tubuh serta mencegah tubuh terkena penyakit.

Gunakan piring ukuran sedang hingga kecil

Menggunakan piring lebih kecil bertujuan untuk memberikan tampilan makanan yang tersedia, terlihat lebih banyak. Sehingga memberikan efek kepuasan setelah mengonsumsi makanan.

Coba bayangkan menggunakan piring ukuran besar, ketika masih ada ruang kosong di piring mungkin masih tersisa perasaan kurang puas ketika mengonsumsi makanan. Trik ini dilakukan untuk mencegah porsi makan berlebihan.

Jangan gandakan karbohidrat dalam satu piring

Untuk memperoleh porsi makan yang sesuai, ada baiknya tidak mengonsumsi dua jenis makanan dengan kandungan karbohidrat dalam satu kali makan. Apabila masih ingin mengonsumsi karbohidrat dalam satu porsi makan, makan roti bisa jadi pilihan terbaik.

Gunakan gelas ukur

Apabila terasa sulit untuk mengukur jumlah makanan yang tepat, maka penggunaan gelas ukur bisa dilakukan. Tidak perlu cangkir khusus untuk melakukan trik ini, cukup gunakan mug atau wadah apa saja untuk mengukur berapa banyak porsi yang ingin dimakan.

Perhatikan makanan lanjutan setelah menu utama

Setelah menghabiskan porsi makan utama, tidak jarang perut masih terasa belum sepenuhnya puas. Pilihan makanan di waktu ini sangat penting diperhatikan. Misalnya, lebih baik memakan potongan buah daripada memakan kue manis. Konsumsi buah lebih baik daripada makanan manis meskipun memiliki kandungan kalori yang sama.

Ingat aturan 20 menit

Setelah memakan menu utama, ternyata belum membuat perut kenyang. Tenang, bukan berarti harus menahan diri agar tidak makan, melainkan tenangkan diri selama 20 menit. Trik ini baik dilakukan untuk mengontrol diri agar tidak makan dengan porsi berlebihan.

Pastikan memperhatikan label makanan

Pastikan memperhatikan label makanan dan melihat kandungan dalam sebuah makanan kemasan yang dikonsumsi agar bisa mengetahui informasi nutrisinya dan apakah sesuai dengan kebutuhan. Selain itu mintalah porsi lebih sedikit apabila sajian makanan terlihat dalam porsi lebih besar dari yang biasa dikonsumsi.

 

*Penulis: Tasya Fadila.

What's On Fimela
Loading