Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Mudah Murung dalam Menjalani Hidup

Fimela.com, Jakarta Rasanya sudah tak terhitung rasanya kita mendengar nasihat untuk selalu melihat sisi baik dari segala sesuatu. Kita selalu didorong untuk mengutamakan hal-hal positif daripada hal-hal yang negatif. Namun, teori kadang lebih mudah daripada praktik. Kenyataannya, kita masih sering dihampiri rasa murung dibandingkan rasa bahagia.

Saat kita dilanda rasa murung berkepanjangan, segalanya jadi terasa makin sulit untuk dijalani. Semangat hidup pun redup dan tak ada lagi harapan untuk memiliki masa depan yang lebih baik. Lalu, bagaimana agar tidak mudah murung dalam menjalani hidup? Berikut beberapa cara sederhana yang bisa dicoba.

 

 

1. Berdamai dengan Rasa Hampa

Biasanya yang membuat kita murung adalah karena merasa hampa. Mengutip buku How to Respect Myself, rasa hampa sendiri bukanlah sebuah emosi yang negatif. Banyak orang yang justru berusaha untuk mengosongkan hati atau ingin memperoleh kedamaian pikiran. Rasa hampa bisa dibilang semacam emosi yang muncul saat pikiran kosong. Emosi ini tak perlu dimusuhi, kita bisa mencoba untuk menerima dan berdamai dengan rasa tersebut lebih dulu agar tidak makin merasa muram.

2. Tidak Menghabiskan Energi untuk Hal di Luar Kuasa Diri

Kita perlu menyadari keterbatasan kita. Tidak semua hal dan urusan bisa kita kontrol dan kendalikan. Ada hal-hal yang di luar kuasa diri, dan ini perlu kita sadari. Tak perlu menghabiskan energi dan waktu untuk memikirkan atau memaksakan diri mengubah hal-hal yang di luar kuasa diri. Bersikap rela dan ikhlas bisa bantu memperbaiki suasana hati jadi lebih baik lagi.

3. Mencoba Hal Baru yang Menyenangkan atau Menantang

Saat merasa murung ada kecenderungan tidak ingin melakukan apa-apa. Rasanya kita tidak bersemangat melakukan sesuatu karena merasa segalanya tidak ada gunanya. Namun, justru dengan memberanikan diri mencoba hal baru, rasa muram bisa luruh dengan sendirinya dan tergantikan dengan rasa bahagia karena ada pengalaman baru yang bisa kita dapatkan.

 

 

4. Buat Jadwal Rutinitas yang Dinikmati

Tidak melakukan apa-apa malah bisa membuat kita makin muram dan murung. Jika memang sedang butuh waktu istirahat, tak apa untuk menyendiri atau menyepi sejenak. Setelah itu coba bangun rutinitas baru. Buat jadwal yang berisi kegiatan yang bisa disukai dan dinikmati. Lalu, ikuti dan patuhi jadwal yang sudah dibuat tersebut, maka harimu akan terasa lebih berwarna.

 

 

5. Mensyukuri Semua yang Masih Bisa Dirasakan

Syukuri semua yang masih bisa dirasakan atau dinikmati. Sesederhana udara yang masih bisa dihirup, langit yang masih bisa dipandang, hingga napas yang masi bisa kita rasakan. Sadari setiap helaan napas kita, perlahan dan nikmati semua yang bisa dirasakan oleh indra kita. Nantinya rasa nyaman akan mengalir menggantikan rasa muram di dalam diri.

Hidup ini tetap layak dijalani dan diperjuangkan dengan sebaik-baiknya. Kemampuanmu untuk bertahan hingga hari ini pun sudah menjadi pencapaian tersendiri yang luar biasa.

#WomenforWomen

Loading