Sukses

Lifestyle

7 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Terkadang saat bepergian menggunakan mobil dirasa ada yang kurang jika AC mobil tidak dingin, ada beberapa mobil yang justru mengeluarkan udara panas. Tentu udara panas di dalam mobil akan membuat kesal dan tak tahan berada di dalam mobil terlalu lama.

Tentu akan ada banyak penyebab mengapa AC di mobil tidak dingin seperti semula dan justru mengeluarkan udara yang panas. Berbagai alasan AC mobil tidak berfungsi dengan baik tentu perlu segera diperbaiki dan membutuhkan perawatan di teknisi.

Meskipun AC mobil yang tidak dingin dapat merusak selama perjalanan, tapi kamu tak perlu khawatir karena dapat membuka jendela mobil meskipun udara tak sedingin menggunakan AC. Berikut beberapa penyebab AC mobil tidak dingin yang mungkin kamu alami:

1. Daya Rendah

Ternyata AC mobil yang tidak bekerja dengan baik atau mengeluarkan dingin dapat disebabkan oleh daya yang rendah, inilah salah satu penyebab yang paling sering kamu temui. Pengisian daya yang rendah pada AC memungkinkan pendingin yang tidak memadai dan satunya cara untuk mengatasi masalah ini dengan mengisi ulang AC.

2. Kebocoran Refrigeran

Selain itu alasan lainnya adalah kebocoran pada refrigerant, memiliki tekanan yang rendah dalam sistem, kompresor tentu tidak akan berputar dengan benar dan karenanya akan memiliki udara yang panas. Kebocoran refrigerant inilah yang dapat terjadi setiap saat pada titik sambungan selang unit AC. Untuk mengatasi refrigerant yang bocor kamu tak perlu menyegel bagian yang bocor, hanya saja kamu perlu membuang seluruh refrigerant dan menggantinya.

3. Penyumbatan Kondensor AC

Kondensor pada mobil jika berfungsi dengan baik sebagai evaporator dan kondensor untuk mengubah gas yang bertekanan tinggi dan memiliki suhu yang tinggi dan berasal dari kompresor sehingga akan menjadikannya cairan yang dingin dan bertekanan tinggi. Jika kamu sering menggunakan mobil, maka aka nada debu maupun kotoran yang menumpuk dan menyebabkan penyumbatan.

4. Kegagalan Kompresor AC

Kompresor AC mobil terkadang akan menggerakan refrigerant di bawah tekanan tinggi sebelum mencapai kondensor. Jika terdapat kompresor yang rusak maka sistem pada AC mobil inilah yang tidak bekerja dengan baik dan menghasilkan dingin yang maksimal. Kompresor juga perlu diperbaiki jika tidak digunakan dalam waktu yang lama, mungkin saja ada kesalah listrik pada sirkuit, kopling, atau refrigerant yang bocor.

5. Kerusakan Filter Kabin

Filter kabin mobil tentu berfungsi untuk memisahkan partikel debu yang masuk dari ujung depan saat berkendara, filter kabin udara yang rusak tidak akan cukup untuk menyaring kotoran yang masuk.

6. Kerusakan Kipas Motor

Pengumpulan puing-puing pada kipas motor ternyata mengakibatkan kerusakan, hal inilah yang terkadang akan menghalangi aliran udara dingin ke kondensor sehingga akan menerima udara yang cukup hangat bahkan saat menghidupkan AC mobil.

7. Kerusakan Kondensor

Kerusakan kondensor juga dapat menjadi penyebab AC mobil tidak dingin lagi, mungkin saja ada kotoran yang tidak menghalangi kondensor pada AC mobil tetapi, dapat mengakibatkan kerusakan atau merusaknya bagian kondensor.

AC mobil yang tidak dingin tentu akan membuat banyak orang merasakan gerah atau tak nyaman jika terlalu lama di dalam mobil. Kemungkinan masalah AC mobil kamu yang rusak dapat disebabkan oleh beberapa hal diatas, jika AC mobil kamu rusak ada baiknya untuk membawa ke teknisi agar mendapatkan perawatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading