Sukses

Lifestyle

Bantargebang Pindah ke Mal? Intip Pameran dan Instalasi Gunung Sampah Ini di ASHTA

Fimela.com, Jakarta Jangjo Indonesia, sebuah startup di bidang waste management menginisiasi instalasi gunung sampah bernama Under Our Hill. Instalasi ini merupakan replika kondisi gunungan sampah di TPST Bantargebang yang telah mencapai tinggi 40-50 meter.

Ukuran instalasi gunung sampah ini pun sengaja dibuat dengan perbandingan 1:10 terhadap kondisi aslinya, lho! Menggandeng biro arsitektur AT-LARS, instalasi ini bertujuan memberikan gambaran kepada masyarakat Jakarta tentang kondisi sampah sesungguhnya. 

Startup pengelolaan sampah ini bermaksud menunjukkan sampah yang terbuang setiap harinya memiliki nilai dan bisa didaur ulang. Penasaran bagaimana informasi lebih lanjut mengenai instalasi unik ini? Yuk, simak penjelasannya di artikel berikut ini!

Pameran barang daur ulang

Tak hanya menampilkan replika gunungan sampah, pengunjung bisa menikmati pameran barang yang berasal dari sampah daur ulang. Kamu bisa melihat tas hingga pajangan yang terbuat dari sampah pada pameran ini.

Adanya instalasi dan pameran ini menjadi ajakan ke masyarakat agar bisa terlibat langsung ke dalam proses menangani masalah sampah. Terbukti dengan adanya materi edukasi mengenai pemilahan sampah, Jangjo Indonesia turut mendorong masyarakat untuk ambil andil dalam pengelolaan sampah di Jakarta.

“Pengelolaan yang belum optimal dan sampah yang tidak terpilah, membuat sampah semakin menumpuk di TPA. Kami percaya pemilahan sampah dari sumber dapat membantu mengurangi sampah yang pergi ke Bantargebang,” ucap Joe Hansen CEO Jangjo Indonesia dikutip dari rilis resmi.

Visualisasi TPST yang kelebihan daya tampung

Sebagai informasi, warga Jakarta mengirimkan 7.000-8.000 ton sampah ke Bantargebang setiap harinya. Apabila kondisi itu terus berlanjut, cepat atau lambat TPST di wilayah Bekasi tersebut akan melebihi batas daya tampungnya.

Apabila kamu tertarik mengunjungi instalasi gunung sampah ini, silakan datang ke Lobby SCBD ASHTA District 8. Instalasi gunung sampah tersebut berlangsung dari tanggal 4 Juni hingga 26 Juni 2022. 

Melalui instalasi ini, Jangjo berusaha menjadi perusahaan kelestarian lingkungan yang membantu ekosistem yang mendukung praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan tanpa limbah.  Selain itu, instalasi ini turut mendapat dukungan dari berbagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan. 

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti

#Women for Women

What's On Fimela
Loading