Sukses

Lifestyle

5 Alasan Mengapa Seseorang Sering Membuang Sampah Sembarangan

Fimela.com, Jakarta Membuang sampah pada tempatnya adalah hal yang sederhana namun dapat memberikan efek besar bagi kebersihan lingkungan. Dengan membuang sampah secara tertib, lingkungan akan menjadi lebih bersih dan minim pencemaran. 

Sayangnya, hal ini kerap sulit dilakukan oleh banyak orang. Sampah dibuang begitu saja di jalan atau di tempat-tempat publik yang seharusnya dijaga kebersihannya. 

Lalu, kenapa orang-orang suka membuang sampah sembarangan? Ada beberapa alasan yang menyebabkan orang hobi membuang sampah sembarangan

Untuk kamu yang penasaran, berikut Fimela.com telah merangkum 5 penyebab mengapa seseorang sering membuang sampah sembarangan. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Minimnya Kesadaran untuk Menjaga Lingkungan

Banyak orang berpikir bahwa masalah menjaga lingkungan dan manajemen sampah hanya urusan pemerintah dan petugas kebersihan saja. Hal ini yang memicu minimnya kesadaran orang-orang untuk membuang sampah pada tempatnya.

Alhasil, banyak orang dengan mudahnya membuang sampah di jalan, di tempat publik, atau tempat wisata misalnya, tanpa memikirkan dampaknya. Tentu saja ini merupakan perilaku yang buruk karena seharusnya setiap orang berkontribusi untuk menjaga lingkungannya. 

2. Rasa Malas yang Akut

Rasa malas telah melahirkan budaya membuang sampah sembarangan. Biasanya, orang menjadi terlalu malas dan tidak mau membuang sampah pada tempatnya.

Hal ini terjadi karena banyak orang berpikir bahwa membuang sampah bukanlah hal yang krusial sehingga mereka enggan untuk membuang sampah secara tertib. Sebagai contohnya, kita sering melihat orang yang tinggal di dekat sungai dengan mudahnya membuang sampah ke sungai tersebut daripada mengelolanya pada tempat yang tepat.

3. Kurangnya Tempat Sampah di Tempat Umum

Masalah buang sampah sembarangan juga bisa dipicu karena kurangnya tempat sampah di tempat-tempat umum sehingga orang-orang menganggap bahwa buang sampah sembarangan adalah hal yang wajar. Jika penyebabnya adalah karena masalah tempat pembuangan sampah, seharusnya hal ini dapat diantisipasi oleh kedua pihak, baik dari masyarakatnya dan juga pihak pemerintah yang memang bertugas untuk mengelola masalah lingkungan. 

Dari sisi masyarakat, sebenarnya orang-orang tidak perlu membuang sampah secara sembarang saat tidak menemukan tempat sampah. Mereka bisa saja menyimpan sampahnya dulu sembari mencari tempat pembuangan sampah yang sesuai. 

Dari sisi pemerintah, maka fasilitas publpik seperti tempat pembuangan sampah harusnya bisa tersedia di tempat-tempat umum yang memang ramai dilewati orang. 

4. Minimnya Pengetahuan untuk Menjaga Lingkungan

Banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa berbagai tindakan membuang sampah sembarangan berdampak negatif terhadap lingkungan. Akibatnya, masyarakat terus membuang sampah sembarangan tanpa memikirkan dampak lingkungan yang ditimbulkannya. Misalnya perilaku membuang sampah ke sungai yang dapat mengakibatkan meluapnya air saat musim penghujan.

5. Tidak Adanya Konsekuensi Hukuman atau Denda

Terakhir, masyarakat bisa saja membudayakan membuang sampah sembarangan karena tidak ada konsekuensi yang mengikat sehingga tiap orang merasa tidak memiliki tanggungjawab untuk menjaga kebersihan lingkungan. Pasalnya, tidak ada hukuman atau denda yang bisa ditujukan kepada masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan. 

Jikalau pun ada peraturannya, tetapi masyarakat masih memilih untuk membuah sampah sembarangan, berarti hukuman dan denda yang diberikan terlalu rendah sehingga tidak dapat membuat masyarakat taat peraturan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading