Sukses

Lifestyle

5 Cara Lebih Bahagia Menekuni Pekerjaan yang Ada Saat Ini

Fimela.com, Jakarta Dalam rutinitas bekerja, ada saatnya kita merasa lelah. Bahkan tekanan dan berbagai dinamika yang terjadi di dunia pekerjaan yang kita geluti bisa membuat kita merasa gampang stres. Idealnya memang kita perlu menekuni pekerjaan di bidang yang kita sukai. Rasanya kita bisa lebih bahagia jika dapat menekuni pekerjaan yang sesuai mau kita.

Hanya saja dalam kenyataan yang ada, kita masih sering dihadapkan pada ragam kondisi "tidak ideal" dalam bekerja. Ada saja hal-hal yang menurut kita kurang sempurna atau kurang tepat. Namun, kita tak perlu menunggu segalanya terasa ideal lebih dulu untuk bisa bahagia dalam menekuni pekerjaan yang ada. Ada sejumlah upaya dan cara sederhana untuk bisa lebih bahagia menekuni pekerjaan saat ini.

1. Tingkatkan Keyakinan pada Pekerjaan yang Dilakukan

Mengutip buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah, terkait keyakinan pada pekerjaan, kita harus yakin pada apa yang kita lakukan. Jika kita sudah memilih untuk melakukan sesuatu, seperti memilih pekerjaan, maka lakukan dengan penuh keyakinan kita bisa mengerjakannya dengan baik. Selama pekerjaan yang kita lakukan bisa mendatangkan kebaikan, kita yakini saja kita sudah berada di jalan yang tepat.

2. Siapkan Cara untuk Mengatasi Rasa Bosan

Pekerjaan tetaplah pekerjaan. Meski sudah menekuni pekerjaan di bidang yang disukai, kadang masih ada rasa lelah dan bosan yang melanda, dan ini adalah hal yang lumrah. Yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan strategi. Mengutip buku Love for Imperfect Things, "Kita salah jika mengira pekerjaan impian kita akan selalu menyenangkan dan menarik. Setiap pekerjaan memiliki bagian yang membosankan. Ingatlah bahwa akan selalu ada ujian yang harus dilewati sebelum sesuatu membuahkan hasil." Boleh saja menjadwalkan cuti untuk liburan atau sekadar beristirahat di rumah untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental.

3. Perbanyak Senyuman

Memang sulit untuk selalu tersenyum ketika bekerja. Namun, bukan berarti setiap hari dijalani dan dilalui dengan wajah muram dan masam. Saat kita masih bisa berusaha untuk tersenyum, maka kita bisa menemukan kebahagiaan dalam pekerjaan yang kita tekuni saat ini. Melihat pekerjaan kita bisa memberi dampak baik dan positif pada orang lain pun bisa menjadi sumber kebahagiaan sendiri.

 

4. Lebih Terbuka dengan Pengalaman Baru

Kita akan makin stres dan tertekan bila terjebak dengan batasan-batasan yang kita buat di dalam pikiran sendiri. Supaya tidak gampang berpikiran negatif dalam bekerja, kita bisa lebih terbuka menerima dan menyambut berbagai pengalaman baru. Kalau ada hal-hal yang bisa kita pelajari dan meningkatkan kemampuan kita, terima dan motivasi diri untuk berusaha lebih baik dari waktu ke waktu.

5. Miliki Jurnal Pribadi

Pekerjaan yang ditekuni bisa membuat kita merasa sangat tertekan dan Depresi. Belum lagi dengan masih harus mengatur waktu untuk menyelesaikan sejumlah target pekerjaan dan memenuhi ragam tenggat serta agenda rapat. Agar kita tidak kewalahan dalam menjalani kesibukan bekerja, kita bisa membuat atau memiliki jurnal pribadi. Dari semua catatan yang kita buat dalam menekuni pekerjaan yang ada saat ini, kita bisa selalu menemukan hal-hal yang berwarna dan memperkaya jiwa.

Apa pun pekerjaan yang ditekuni saat ini, semoga senantiasa ada kebahagiaan yang bisa direngkuh, ya. Teruslah berproses dan bertumbuh jadi perempuan yang kuat dan berdaya dari waktu ke waktu.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading