Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Blender Tidak Berputar dan Solusi yang Efektif

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu memiliki blender? Kemudian saat akan menggunakan kamu menemukan adanya sesuatu yang tidak berfungsi di bagian blender yang kamu miliki. Mungkin saja blender yang tidak mau berputar atau tombol blender yang tidak menyala.

Blender merupakan salah satu alat elektronik yang sangat penting di dapur, selain itu blender juga memiliki fungsi yang serbaguna dan mudah untuk dioperasikan. Belum lagi, blender merupakan salah satu alat yang memiliki harga sangat terjangkau.

Ada banyak kegunaan blender yaitu membuat jus, menghaluskan bumbu, dan masih banyak lainnya. Jika kamu memiliki masalah pada blender yang tidak mau berputar atau berfungsi dengan baik tentu akan khawatir, berikut beberapa penyebab blender tidak berputar dengan baik:

1. Terlalu Banyak Menggunakan Makanan

Motor dan bilah pada blender tentu sangat kuat akan tetapi, mengisi toples pada blender secara berlebihan dapat membuatnya tidak berguna atau berfungsi dengan baik. Blender memiliki kapasitas maksimum untuk berputar dan berfungsi dengan baik, disarankan saat menggunakannya kamu mengikuti panduan dan tidak melewati batas agar blender dapat berfungsi dengan baik.

Solusi : Cara mengatasinya kamu hanya perlu mengurangi beberapa makanan yang sudah dimasukkan ke dalam toples blender dan jangan sampai melewati batas maksimum. Hal inilah yang terkadang dapat membuat blender cepat rusak bahkan tidak mau berputar dengan baik.

2. Kopling Blender yang Tidak Benar

Ternyata masalah satu ini kerap terjadi pada blender dan membuatnya kesulitan untuk berputar, setelah kamu menggunakan blender dan membersihkan serta membongkarnya terkadang akan mengalami kendala untuk memasangnya kembali serta mengalami kesulitan dan membuat kopling blender tidak benar. Mencoba mengoperasikan blender dengan mata pisau yang tidak ditempatkan dengan benar ternyata dapat membahayakan, karena bisa terbang ke arah lain.

Solusi : Kamu perlu membongkar blender dan memasang kembali, jika kamu tidak segera memasangnya dengan benar maka dapat membahayakan sekitar.

3. Motor Blender yang Terbakar

Masalah satu ini akan semakin memburuk seiring bertambahnya waktu dengan penggunaan blender yang lama. Blender yang digunakan terlalu lama atau memiliki usia yang lama, dapat mengalami beberapa masalah seperti keausan, terutama pada motor blender. Jika motor blender terbakar maka dapat membuat blender tidak dapat memutar bilahnya atau melakukan fungsi lainnya dengan benar.

Solusi : Untuk mengatasi motor blender yang terbakar kamu perlu membeli motor yang baru, selain itu kamu dapat memperbaikinya ke teknisi.

4. Tidak Cukup Menggunakan Air

Patikan untuk menghindaru pengisian blender yang berlebihan, selain itu kamu juga harus mempersiapkan cukup air untuk mengisinya. Jika kamu akan membuat jus, milkshake, smoothie, atau lainnya yang menggunakan blender tentu membutuhkan air untuk membuat blender tetap berputar. Jika blender tidak berputar dengan baik, mungkin saja kamu tidak meggunakan cukup air.

Solusi : Tambahkan air sedikit demi sedikit agar blender dapat berputar dan berfungsi dengan baik.

5. Pisau Blender yang Macet

Ketika kamu tidak membersihkan bagian blender terutama pada pisau blender dengan benar terkadang akan menimbulkan beberapa kerusakan, seperti penumpukan residu di bagian bawah tabung atau tempat bilah berdemu dengan motor blender. Hal ini tidak hanya membuat kerusakan pada paking lebih cepat tetapi, juga dapat membuat bilah blender menjadi macet.

Solusi : Cabut blender dan lepaskan tabung dengan hati-hati dengan mata pisau yang terpasang, jika kamu takut bawalah ke teknisi untuk memperbaikinya.

Itulah beberapa penyebab blender tidak mau berputar yang kerap sekali terjadi dan beberapa cara untuk mengatasinya. Sebelum memblender makanan atau minuman ada baiknya jika kamu membaca panduannya terlebih dahulu, agar tidak melebihi kapasitas maksimum pada blender.

What's On Fimela
Loading