Sukses

Lifestyle

5 Cara Hadirkan Rasa Bahagia di Hati dan Redakan Gelisah

Fimela.com, Jakarta Untuk bahagia, kita perlu mengusahakannya. Tak bisa terus menuntut untuk dibahagiakan atau meminta orang lain untuk selalu membahagiakan kita. Apalagi ketika kita merasa gelisah, rasanya makin sulit untuk mendapatkan kebahagiaan.

Ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk menghadirkan kebahagiaan di dalam hati. Beberapa cara sederhana ini bisa dicoba sebagai "bentuk pertolongan pertama" untuk redakan rasa gelisah. Mari simak uraiannya di sini, ya Sahabat Fimela.

1. Fokuskan Perhatian pada Saat Ini

Melansir laman Inc, dengan memfokuskan kesadaran diri pada masa kini, dengan tenang menyadari dan menerima perasaan serta pikiran kita, kita bisa mendapatkan kebebasan dan membebaskan diri dari rasa gelisah. Kelebihan dari memfokuskan perhatian pada masa kini adalah bisa membatasi gangguan atau distraksi yang mengganggu kita mencapai tujuan dan keinginan kita. Untuk hadirkan rasa bahagia, kita bisa coba perlahan mengatur napas dan menikmati momen apa pun yang ada saat ini.

2. Memberi Sesuatu

Memberi sesuatu bisa hadirkan perasaan bahagia. Alih-alih menuntut diberi atau dibahagiakan, justru ketika kita memberi sesuatu atau menghaturkan sesuatu kepada orang lain atau lingkungan di sekitar kita, kita bisa mendapatkan kenyamanan dan ketenteraman. Memberi tak harus dalam bentuk materi, sekadar memberi senyuman kepada orang yang ada di dekat bisa menghadirkan kebahagiaan di dalam diri kita.

 

3. Lapangkan Hati Menerima Perubahan

Kalau kita merasa gelisah karena merasa sulit menerima perubahan yang ada, maka kita perlu melapangkan hati untuk menerima realitas yang ada. Tak perlu memaksakan mengubah hal-hal yang di luar kendali diri. Mengutip buku The Comfort Book, "Untuk merasakan harapan, kita tidak perlu berada dalam situasi yang luar biasa menyenangkan. Kita hanya harus paham bahwa segala sesuatu berubah. Harapan tersedia bagi semua orang. Kita tidak perlu menyangkal kenyataan yang ada hanya untuk merasa memiliki harapan, hanya perlu mengetahui bahwa masa depan itu tidak pasti, dan bahwa hidup terdiri atas cahaya dan juga kegelapan."

4. Ucapkan Rasa Syukur

Ucapkan rasa syukur hari ini. Syukuri hal sederhana atau apa pun yang kita rasakan saat ini. Mengutip buku Happiness Inside, bahagia dalam diri hanya muncul bersamaan dengan rasa syukur. Dengan kata lain, tinggi-rendahnya tingkat kebahagiaan seseorang berbanding lurus dengan tinggi-rendahnya rasa syukurnya. Bersyukur ibarat kunci untuk membuka pintu kebahagiaan, jadi yuk mulai lebih banyak bersyukur lagi.

5. Luangkan Waktu untuk Melakukan Hal yang Disuka

Sekadar menikmati secangkir kopi hangat atau menonton film kesukaan bisa hadirkan rasa nyaman dan bahagia di dalam diri. Meluangkan waktu untuk diri sendiri bisa menghadirkan kebahagiaan yang sedang kita butuhkan. Sebab kadang rasa cemas dan gelisah hadir sebagai sinyal bahwa kita perlu rehat dan sedikit meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri.

Kalau rasa cemas dan gelisah hadir berkepanjangan dan tak kunjung reda, ada baiknya untuk mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater, ya. Semoga info ini bermanfaat dan kita bisa mendapatkan kebahagiaan yang kita butuhkan.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading