Sukses

Lifestyle

12 Simbol Zodiak dan Maknanya dalam Mitologi Yunani, Cek Zodiakmu!

Fimela.com, Jakarta Dalam astrologi, ada dua belas zodiak yang kita ketahui dan masing-masing memiliki simbol zodiak yang berbeda-beda. Kali ini kita akan mengulik satu per satu simbol zodiak beserta maknanya secara mitologi Yunani.

1. ARIES

Domba jantan. Aries adalah zodiak pertama dan dalam Mitologi Yunani, simbol domba jantan didasarkan pada Chrysomallus, domba jantan terbang yang menyelamatkan Phrixus dan Helle, anak-anak raja Boeotian Athamas dan menyediakan Bulu Domba Emas.

2. TAURUS

Banteng. Dalam astrologi, Taurus adalah tanda zodiak kedua dan disimbolkan oleh banteng. terkait dengan mitos Yunani tentang Zeus, yang mengambil bentuk banteng sebagai penjelmaan sebagai binatang.

3. GEMINI

Kembar. Dalam astrologi, Gemini adalah tanda zodiak ketiga dan disimbolkan oleh orang kembar. Mereka adalah Castor dan Pollux, dikenal sebagai Dioscuri dalam mitologi Yunani. Gemini dikaitkan dengan polaritas Yang (maskulin) dalam konsep Tiongkok kuno Yin Yang.

4. CANCER

Kepiting. Dalam astrologi, Cancer adalah tanda zodiak keempat dan digambarkan sebagai kepiting karena dalam mitologi Yunani, kepiting mencapit Hercules saat dia menyerang Hydra Lernaean, kepiting itu pun dihancurkan oleh Heracles namun atas jasanya, ia ditempatkan di surga dan langit oleh Hera.

5. LEO

Singa. Dalam astrologi, Leo adalah tanda zodiak kelima dan disimbolkan oleh singa, dikaitkan dengan singa Nemea yang dibunuh oleh Hercules. Singa adalah simbol yang sangat penting dan menonjol dalam mitologi Yunani, melambangkan kekuasaan dan kerajaan. Orang Mesir juga menyembah rasi bintang ini karena membawa kelimpahan.

6. VIRGO

Seorang gadis. Dalam astrologi, Virgo adalah zodiak keenam yang disimbolkan oleh gadis perawan. Simbol gadis itu didasarkan pada Astraea atau dikaitkan juga sebagai dewi kesuburan (Ishtar Babilonia dan Asyur) atau gadis panen (Persephone Yunani dan lainnya).

7. LIBRA

Timbangan. Dalam astrologi, Libra adalah tanda ketujuh zodiak, dan disimbolkan oleh timbangan yang dipegang oleh seorang perempuan. Dia adalah Astraea, dewi Romawi yang menggambarkan keseimbangan dan keadilan.

8. SCORPIO

Kalajengking. Dalam astrologi, Scorpio adalah zodiak kedelapan dan disimbokan oleh kalajengking. Legenda Yunani mengatakan bahwa kalajengking menyengat Orion sampai mati. Itulah mengapa ketika rasi bintang Orion tenggelam, rasi bintang Scorpio muncul.

9. SAGITARIUS

Pemanah. Dalam astrologi, Sagitarius adalah zodiak kesembilan dan disimbolkan oleh centaur, yaitu makhluk setengah manusia dan setengah kuda yang menembakkan panah dari busurnya. Dia adalah sosok terpelajar yang kecerdasannya sangat tinggi hingga membentuk jembatan antara Bumi dan Surga.

10. CAPRICORN

Kambing bertanduk atau kambing laut. Dalam astrologi, Capricorn adalah zodiak ke-10 dan disimbolkan oleh kambing bertanduk dengan ekor ikan. Salah satu penjelasannya adalah demi menghindari monster Typhon, dewa mitologi Pan terjun ke air dan mengubah bentuk setengah kambing dan setengah ikan.

11. AQUARIUS

Pembawa air. Dalam astrologi, Aquarius adalah tanda zodiak ke-11 dan disimbolkan oleh seorang pria yang menuangkan air dari kendi. Dia adalah Ganymede, seorang pemuda Frigia yang tampan, putra Tros raja Troy. Saat menggembala ternak ayahnya, Ganymede ditemukan oleh Zeus dan para dewa jatuh hati padanya. Ganymede akhirnya ditempatkan di surga sebagai juru minuman para dewa.

12. PISCES

Ikan. Dalam astrologi, Pisces adalah zodiak ke-12, dan disimbolkan oleh ikan terkait dengan mitos Yunani tentang Aphrodite dan Eros, yang melompat ke sungai untuk melarikan diri dari monster Typhon dan berubah menjadi ikan agar bisa ke tempat aman.

Itu dia sekian simbol zodiak beserta maknanya. Sudahkah kamu ketahui simbol zodiakmu, Sahabat Fimela?

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading