Sukses

Lifestyle

6 Buah dan Makanan Penyebab Jerawat yang Perlu di Hindari

Fimela.com, Jakarta Mungkin hubungan antara makanan yang dikonsumsi dengan jerawat terdengar sangat kontroversial, ada beberapa orang percaya bahwa makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan jerawat berkembang begitupula sebaliknya.

Tentu makanan yang dikonsumsi saja tidak dapat menyebabkan jerawat, ada beberapa hal yang dapat memperburuk jerawat seseorang. Jerawat yang dialami oleh seseorang tentu membuat tidak nyaman dan tak percaya diri.

Banyak faktor yang dapat mengembangkan jerawat pada seseorang termasuk produksi sebum dan keratin serta hormon. Di bawah ini penjelasan tentang beberapa buah, makanan, maupun minuman yang dikonsumsi dan dapat menyebabkan jerawat semakin berkembang:

1. Buah Pisang

Salah satu makanan atau buah-buahan yang dapat mengembangkan jerawat adalah buah pisang, mungkin banyak orang yang tidak menyadarinya. Dibalik itu pisang sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi jika kamu memiliki kulit berminyak dan jerawat mungkin dapat mengembangkan karena pisang yang dikonsumsi.

2. Buah kering dan Jus Buah

Buah merupakan salah satu sumber vitamin serta nutrisi yang baik dan sangat penting dikonsumsi dalam makanan keseharian, selain itu sangat penting bagi kita untuk mengontrol apa saja makanan yang perlu dikonsumsi dan tidak berlebihan.

Buah yang utuh tentu mengandung gula alami, sedangkan buah kering maupun jus merupakan salah satu sumber kandungan gula yang pekat. Hal inilah yang terkadang dapat meningkatkan produksi minyak dan peradangan.  

3. Junk Food

Sudah tak asing lagi jika junk food atau makanan cepat saji dapat meningkatkan sejumlah masalah dalam kesehatan. Makanan junk food biasanya terdiri dari kentang goreng, hamburger, pizza, dan beberapa makanan ringan yang mengandung terlalu banyak minyak. Lemak jenuh yang tinggi dan terdapat pada beberapa junk food sendiri ternyata dapat membuat hormon tidak seimbang.

4. Cokelat

Cokelat ternyata dapat berdampak pada jerawat yang dialami oleh seseorang, kakao sendiri mungkin sangat baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin A,C,E, dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk kulit. Susu dan gula biasanya menjadi salah satu bahan campuran untuk membuat cokelat yang membuat jerawat dapat memperburuk jerawat.

5. Kue dan Dessert

Apakah kamu selalu menyukai kue dan berbagai dessert yang disajikan? Kue dan berbagai dessert terkadang memiliki bentuk yang unik dan lucu, tak heran banyak orang menyukasi makanan satu ini.

Ternyata makanan manis satu ini dapat menjadi salah satu penyebab jerawat, kue dan dessert sendiri memiliki sedikit gizi dan sangat tinggi gula serta kalori didalamnya. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan gula dan lemak dapat berdampak pada jerawat yang akan tumbuh.

6. Makanan yang Kaya dengan Lemak Omega 6

Mungkin beberapa makanan banyak yang mengandung sejumlah minyak jagung dan kedelai yang sangat kaya dengan lemak omega 6, sedangkan beberapa makanan yang memiliki sedikit lemak omega 3 seperti ikan. Ternyata ketidaksiembangan asam lemak omega 6 dan omega 3 ini yang dapat memperburuk keparahan jerawat.

Makanan dan berbagai buah bukanlah salah satu musuh yang membuat kulit wajah berjerawat. Mengkonsumsi beberapa makanan sehat seperti biji-bijian, sayuran hijaun, dan banyak air ternyata dapat memberikan perbedaan nyata pada kulit wajah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading