Sukses

Lifestyle

5 Bukti Pribadimu Makin Tegar Seiring Bertambahnya Usia

Fimela.com, Jakarta Pertambahan usia sudah sepatutnya kita syukuri. Meski makin banyak tantangan dan masalah yang harus kita hadapi, tetapi di balik itu semua ada jiwa dan hati yang makin kuat. Pribadi kita pun bisa makin tegar seiring bertambahnya usia.

Saatnya untuk lebih bersemangat menjalani hidup dengan lebih baik lagi. Berikut ini lima tanda umum atau bukti bahwa ada jiwa tegar yang kamu miliki saat ini.

 

 

1. Punya Kendali Emosi yang Baik

Kamu sudah bisa mengendalikan emosi dengan lebih baik. Mengutip buku How to Respect Myself, orang yang mampu mengontrol emosi dengan baik memahami apa, sebesar apa, dan apa dampak emosi yang dirasakannya. Orang yang bisa mengontrol emosi dengan baik tidak akan bertindak sembarangan saat emosi sedang tinggi. Saat dirimu sudah bisa lebih tenang dalam menyikapi setiap emosi yang ada, maka ada kekuatan besar yang kamu miliki.

 

 

2. Mensyukuri Semua yang Ada

Tak lagi terbelenggu dengan masa lalu. Tidak terlalu mengkhawatirkan masa depan. Kamu fokus mensyukuri semua yang ada saat ini. Kamu senantiasa meyakini bahwa ada hikmah di setiap fase perjalanan yang dilewati. Sehingga, kamu senantiasa fokus menjalani hari ini dengan sepenuhnya dan sebaik-baiknya.

 

 

3. Bisa Mengambil Hikmah dari Masa Sulit

Masa sulit yang menghampirimu kamu yakini sebagai masa untuk menempa mentalmu jadi lebih tegar lagi. Ada keyakinan kuat bahwa semua yang terjadi memang yang terbaik untukmu. Kamu pun tidak pernah protes atau menyalahkan keadaan atas setiap ujian kehidupan yang menerpa. Sebab kamu bisa mengambil hikmah dari setiap masa sulit yang ada tersebut.

 

 

4. Punya Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Kamu tidak gampang merasa minder lagi. Ada rasa percaya diri yang tinggi di dalam dirimu dan membuatmu senantiasa terbuka mencoba hal baru dan melakukan semua upaya terbaik untuk menggapai sesuatu. Melansir laman discoverymood.com, kepercayaan diri adalah bagian yang sangat penting untuk menjadi kuat secara mental. Saat rasa percaya diri meningkat, mental kita pun makin kuat.

 

 

5. Terbuka Mencoba Hal-Hal Baru

Kamu senantiasa membuka diri untuk merasakan pengalaman-pengalaman baru. Senantiasa bersemangat mencoba ragam hal baru. Baik buruk, susah senang, suka duka, dan semua pengalaman baru yang kamu coba memperkaya jiwamu. Saat jiwamu makin kaya, maka pribadimu pun bisa makin kuat dan tegar.

Terima kasih sudah berjuang dan berusaha melakukan yang terbaik hingga saat ini, ya. Semoga ke depannya kamu bisa jadi pribadi yang lebih tangguh lagi.

 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading