Sukses

Lifestyle

5 Alasan Seseorang Menangis Tanpa Sebab, Salah Satunya Memiliki Emosi yang Terpendam

Fimela.com, Jakarta Hampir semua orang tentunya pernah menangis mengeluarkan air mata. Ini adalah bentuk emosi yang keluar dari diri seseorang menangis bisa disebabkan karena seseorang merasa bersedih atau bahagia. Namun, ada juga beberapa orang yang menangis tanpa mengetahui alasannya.

Pasti kamu bingung, tiba-tiba menangis tanpa sebab, bukan? Tentunya, semua itu memiliki alasan, hanya saja kamu tidak menyadarinya. Lalu, apa alasan di balik seseorang menangis tanpa sebab? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kebanyakan orang kewalahan dan bahkan tidak menyadarinya

Kamu mungkin pulang kerja duduk lalu kemudian duduk, dan tiba-tiba air mata mulai jatuh. Pada saat itu kamu mungkin berpikir, apa yang salah dengan saya? Kenapa aku menangis? Aku bahkan tidak sedih! Jika kamu tidak menyadari jumlah stres yang kamu alami, maka stres dapat menemukan cara untuk mengekspresikan dirinya, apakah kamu mengharapkannya atau tidak. Stres hidup dalam tubuh dan menangis adalah salah satu bentuk pelepasan stres yang ditemukan. Jadi perhatikan jumlah stres yang kamu alami, itu mungkin berkontribusi pada pengalamanmu menangis tanpa alasan.

2. Kamu tidak harus didiagnosis secara klinis dengan depresi untuk mengalami gejala depresi

Meskipun ini adalah gangguan suasana hati yang umum, banyak gejala yang umum dialami orang juga. Beberapa gejala depresi adalah kesedihan yang terus-menerus, suasana hati yang kosong, atau keputusasaan. Di antara gejala lainnya, perasaan ini cenderung membuat orang menangis. Koneksi sadar mungkin tidak dibuat sehingga orang menganggap mereka menangis tanpa alasan.

3. Mirip dengan stres, banyak orang mengalami kecemasan

Apakah kamu memiliki gangguan kecemasan atau berjuang dengan kecemasan secara umum, kecemasan dapat menyebabkan dirimu menangis. Gejala kecemasan bisa termasuk memiliki rasa bahaya yang akan datang, merasa gugup, atau mengalami kesulitan mengendalikan rasa khawatir. Tindakan menangis dapat menjadi pelepasan dari gejala-gejala yang telah dijelaskan sebelumnya. Ingat, jika kamu tidak aktif dalam mengatasi kecemasan, itu bisa muncul secara fisik yang tidak terduga, seperti migrain atau menangis.

4. Mengalami PMS

Sindrom pramenstruasi adalah pengalaman kolektif dari gejala yang dialami wanita satu hingga dua minggu sebelum siklus menstruasi mereka dimulai. Beberapa gejala sindrom pramenstruasi termasuk sakit kepala, kembung, dan menangis. Jika kamu tidak melacak siklus menstruasimu dan tidak menyadari bahwa itu dimulai, kamu mungkin tidak menyadari bahwa kamu mengalami sindrom pramenstruasi.

5. Memproses kematian seseorang yang kamu cintai atau sayangi tidak memiliki tenggat waktu

Kamu mungkin berasumsi bahwa karena orang tersebut meninggal setahun yang lalu, atau 6 bulan yang lalu, kamu tidak akan merasakan emosi kuat yang tiba-tiba terkait dengan orang yang kamu cintai tersebut. Kamu mungkin berpikir bahwa kamu telah belajar menerima kehilangan dan menjalani kehidupan sehari-harimu. Tetapi seperti banyak orang, kamu mungkin masih berduka karena kehilangan orang yang dicintai dan tidak menyadarinya. Sesuatu yang sederhana seperti bau yang membangkitkan kenangan akan orang yang dicintai bisa membuat kita menangis tiba-tiba.

Jadi perlu diingat, kamu tidak boleh menangis tanpa alasan. Air matamu berarti sesuatu, kamu hanya perlu mencari tahu apa artinya. Jika kamu perlu berbicara dengan seseorang, temui terapis atau psikiater profesional.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading