Sukses

Lifestyle

Kebijakan Miss Universe 2023, Para Ibu dan Perempuan Menikah Boleh Ikut kompetisi

Fimela.com, Jakarta Ajang kecantikan Miss Universe membuat gebrakan baru. Kali ini terkait dengan kebijakan keikut sertaan para perempuan yang berpartisipasi menjadi kontestan dalam ajang ini. Di tahun 2023 mendatang, Miss Universe membolehkan para ibu dan perempuan menikah untuk berpartisipasi. 

Dikutip dari The Nasional, hal ini telah diungkapkan melalui memo internal Organisasi Miss Universe, di mana asosiasi telah beradaptasi dengan perkembangan zaman. Hal ini menjadi upaya dan langkah yang besar sebagai komitmen yang diambil oleh Miss Universe. 

"Kita semua percaya bahwa perempuan harus memiliki hak pilihan atas hidup mereka dan bahwa keputusan pribadi manusia tidak boleh menjadi penghalang bagi kesuksesan mereka," demikian bunyi memo itu.

Inisiasi seiring perkembangan era

Aturan ini akan berlaku pada kontes ke-72 Miss Universe yang rencananya akan terselenggara pada 2023 mendatang. Hal ini juga berkaitan dengan kontes preliminary yang berlangsung pada Desember tahun ini. 

Kebijakan ini tentu sangat berbeda dari sebelumnya yang hanya memperbolehkan perempuan lajang berusia 18-28 tahun yang belum menikah dan belum memiliki anak untuk ikutan. 

"Organisasi Miss Universe selalu merupakan platform terbesar dan paling inovatif dari jenisnya dan sekarang akan lebih inklusif dan ramah bagi ibu dan perempuan yang sudah menikah.

Bagi saya, ini selaras dengan apa yang telah saya perjuangkan, mematahkan stereotip dan menghilangkan pembelajaran stigma bahwa masyarakat lama telah memaksa kami dari beberapa dekade yang lalu," kata Josh Yugen, kepala eksekutif Yugen Group dan direktur nasional Miss Universe Bahrain kepada The National.

Perubahan pada kontes-kontes global

Tak hanya terjadi pada Miss Universe saja, namun kontes Miss Universe Organization juga memiliki kontes Miss USA dan Miss Teen USA. Kontes telah berubah seiring berjalannya waktu.

Pada 2021, Miss Universe Bahrain mengukir sejarah dengan memilih untuk berjalan di putaran baju renang dengan pakaian olahraga yang tertutup penuh. Manar Nadeem Deyani, seorang mahasiswa mode yang tinggal di Dubai, termasuk di antara 79 kontestan yang berpartisipasi pada kontes 2021.

Sementara, Miss India Harnaaz Sandhu dinobatkan sebagai Miss Universe 2021 pada acara yang diadakan di Eilat di Israel. Salah satu jawaban kemenangan Sandhu di kontes itu adalah ketika dia dimintai nasihatnya untuk para remaja putri yang mengawasinya tentang menghadapi tekanan yang mereka hadapi saat ini.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading