Sukses

Lifestyle

6 Penyebab Kulkas Kurang Dingin yang Bikin Makanan Tidak Segar

Fimela.com, Jakarta Ketika kulkas tidak dingin lagi tentu dapat menjadi salah satu masalah yang buruk, selain itu hal ini terkadang dapat membuat pemiliknya khawatir. Beberapa masalah kulkas yang kurang dingin dapat disebabkan oleh banyak hal yang mendasrinya.

Kulkas yang tidak dingin dengan sendirinya tentu sulit untuk dibenahi sendiri, hal ini terkadang membutuhkan bantuan teknisi untuk menyelesaikannya. Selain itu masalah ini dapat membuat bahan maupun makanan yang terdapat didalamnya tidak segar kembali.

Beberapa orang tentu sangat khawatir jika kulkas yang mereka miliki tidak dingin, tetapi dibalik hal ini ternyata ada beberapa yang perlu kamu perhatikan. Berikut beberapa penyebab kulkas kurang dingin yang kerap sekali terjadi:

1. Pengaturan Termostat yang Mati

Apakah kamu sering bertanya mengapa kulkas mati dengan sendirinya? Ternyata hal ini dapat disebabkan oleh tombol thermostat yang disetel terlalu rendah dan menyebabkan suhu kulkas menjadi naik.

2. Ventilasi Terblokir

Suhu udara didalam lemari es dapat terlihat pada ventilasi internal maupun eksternal, selain itu untuk menjaga ventilasi agar tetap konsisten dibutuhkan ventilasi yang selalu terbuka. Saat ventilasi terblokir dengan makanan atau menyimpan benda lain disekitar kulkas maka dapat membuat suhu kulkas rendah atau tidak dingin lagi. Selain itu ventilasi yang terblokir dapat disebabkan oleh kotoran atau makanan yang tumpah dan mempengaruhi suhu internal.

3. Kumparan Kondensor Kotor

Kumparan kondensor terkadang melepaskan panas dari dalam kulkas, selain itu hal ini dapat membuat kulkas untuk bekerja lebih keras agar melepaskan panasnya. Terkadang kamu akan menemukan kulkas yang tidak mau dingin tetapi lampu terus menyala, kumparan kondensor juga perlu dibersihkan. Koil yang kotor juga dapat mempengaruhu kinerja dan perlu dibersihkan menggunakan penyedot debu maupun sikat.

4. Motor Kipas Kondensor Rusak

Jika kulkas yang kamu miliki tidak cukup dingin maka hal ini dapat disebabkan oleh motor kipas kondensor, hal ini dapat bekerja dengan menarik udara diatas kumparan kondensor untuk mendinginkannya. Selain itu tanpa adanya kipas maka dapat membuat kulkas terlalu panas maupun dingin.

5. Motor Kipas Evaporator yang Tidak Bekerja

Kulkas yang memiliki satu atau lebih motor kipas evaporator, biasanya terdapat pada kompartemen freezer. Motor kipas evaporator ini dapat memberikan udara dingin dari kumparan evaporator ke seluruh kompartemen, jika motor kipas tidak berfungsi maka dapat membuat kulkas tidak dingin seperti semula.

6. Sistem Pencairan Es yang Rusak

Dalam setiap kulkas tentu terdapat sistem pencairan yang dapat mengontrol siklus pendinginan dan pencairan, komponen tersemut adalah sistem defrost. Jika hal ini rusak maka terdapat dua kemungkinan yang berbeda, pertama dapat membuat suhu didalam kulkas sangat dingin kemudian yang kedua dapat membuat suhu dikulkas menurun atau sulit untuk kembali ke siklus pendingin lagi.

Kulkas yang tidak dingin kembali maupun sulit dingin tentu dapat membuat pemiliknya stress, selain itu kamu tidak perlu khawatir karena masalah satu ini dapat diperbaiki dengan memanggil teknisi jika kamu takut untuk memperbaikinya sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading