Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Seseorang Sering Salah Bicara yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Pernah salah bicara saat sedang bercerita dengan orang lain? Mungkin banyak orang mengalami hal ini saat berbicara di depan umum tentu sangatlah wajar. Berbicara merupakan salah satu kemampuan untuk berbagi pemikiran dengan orang lain.

Bagaimana jika tiba-tiba mengeluarkan kata-kata yang cenderung tidak biasa dengan orang lain? Masalah bicara yang dialami ternyata dapat muncul dari mana dan dapat bersifat sementara maupun berdampak jangka panjang. Istilah medis satu ini adalah “Aphasia”.

Aphasia merupakan salah satu gangguan yang dapat mempengaruhi cara berkomunikasi, selain itu hal ini dapat mempegaruhi ucapan maupun tulisan. Berikut beberapa penyebab seseorang sering salah bicara yang kerap terjadi:

1. Lelah atau Stres

Hanya karena lelah maupun strea yang dialami seseorang terkadang akan sulit membuatnya merasa untuk fokus atau terkadang akan sulit untuk memikirkan kata-kata yang tepat. Kecemasan dapat terjadi saat berhadapan dengan banyak orang selain itu dapat menyebabkan mulut kering serta beberapa masalah yang membuat kesulitan untuk salah bicara.

2. Terlalu Banyak Alkohol

Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol ternyata dapat menyebabkan seseorang berbiacara cadel, hal ini dapat terjadi karena perlambatan cara otak untuk berkomunikasi dengan tubuh. Hati hanya dapat memcah sedikit alkohol pada satu waktu dan dapat meninggalkan sisanya di dalam aliran darah.

3. Stroke

Kesulitan bicara juga bersama dengan wajah yang mati rasa maupun bagian tubuh lainnya dapat disebabkan oleh stroke. Ketika suplai oksigen ke otak terputus oleh bekuan darah, maka akan membuat seseorang mengalami kesulitan berbicara atau sulit dimengerti.

4. Migrain

Sakit kepala migrain yang parah juga dapat membuat beberapa orang salah bicara, hal ini sering disebut sebagai aphasia sementara karena akan hilang dengan sendirinya. Penyebab migrain dapat disebabkan oleh pola makan maupun gaya hidup.

5. Obat-Obatan

Berbagai macam obat-obatan serta supleen ternyata dapat memberikan efek samping seseorang salah berbicara. Beberapa obat maupun suplemen yang memiliki tekanan darah yang tinggi ternyata dapat mempengaruhi suara serta mengeringkan lendir yang melindungi pita suara.

Itulah beberapa penyebab yang membuat seseorang merasa kesulitan atau mengalami masalah saat berbicara dengan beberapa orang. Masalah diatas mungkin kerap terjadi, tetapi ada baiknya jika kamu merasakan beberapa gejala lainnya periksa ke dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading