Sukses

Lifestyle

3 Penyebab Handphone Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Jika handphone yang kamu gunakan mengalami restart terus-menerus, mungkin hal ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal seperti applikasi yang digunakan, overheating, atau lainnya.

Tentu akan mengalami frustasi saat handphone yang sedang digunakan mengalami restart dengan sendirinya, banyak hal yang dapat menjadi penyebabnya. Meskipun begitu kamu tak perlu khawatir, karena masalah satu ini dapat diatasi dengan mudah.

Handphone yang restart dengan sendirinya mungkin dapat menunjukkan adanya kerusakan, berikut beberapa penyebab handphone restart sendiri dan cara mengatasinya yang perlu kamu tahu:

1. Masalah Perangkat Keras

Terkadang reboot pada handphone dapat disebabkan pada perangkat keras, hal ini tentu menandakan adanya komponen fisik handphone yang salah. Jenis masalah satu ini dapat diselesaikan dengan mengganti bagian yang rusak.

2. Baterai Rusak

Baterai yang rusak ternyata dapat menyebabkan handphone restart dengan sendirinya, bahkan dalam kurun waktu 5 menit. Perangkat akan memulai ulang karena baterai tidak dapat memasok jumlah energi yang dibutuhkan agar dapat berfungsi dengan baik.

3. Masalah Perangkat Lunak

Masalah pada perangkat lunak juga dapat menyebabkan handphone mengalami beberapa kali restart dengan sendirinya. Berikut beberapa masalah pada perangkat lunak yang paling sering:

  • Sistem operasi yang tidak diperbarui.
  • Kurangnya ruang penyimpanan.
  • Applikasi yang banyak.
  • Data cache yang rusak.

Cara Mengatasi Handphone Restart Sendiri

  • Periksa Ruang Penyimpanan

Penggunaan memori yang terlalu banyak ternyata dapat menyebabkan bug, kosongkan setidaknya 10% ruang penyimpanan pada handphone agar optimal.

  • Tutup Applikasi yang Tidak Digunakan

Jika applikasi dibiarkan terbuka dan tidak berfungsi dengan baik, dapat dapat menyebabkan perangkat melakukan restart dengan sendirinya.

  • Lakukan Reset Pabrik

Strategi satu ini, biasanya dilakukan sebagai upaya akhir dari berbagai percobaan karena akan menghapus semua konten yang tersimpan di handphone.

Handphone yang melakukan restart dengan sendirinya tentu membuat pemilik khawatir. Akan tetapi, berbagai masalah diatas dapat diatasi dengan sendirinya atau membutuhkan bantuan teknisi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading