Sukses

Lifestyle

3 Cara Memilih Bunga Kering untuk Menghias Rumah

Fimela.com, Jakarta Tak hanya bunga hidup yang bisa digunakan untuk menghiasi sudut rumah. Sahabat Fimela bisa memanfaatkan bunga yang sudah layu untuk dijadikan hiasan rumah. Tentu saja, bunga layu dapat dikeringkan terlebih dahulu sebelum dijadikan sebagai hiasan.

Bunga kering atau dried flower adalah bunga hidup atau bunga segar yang melalui proses pengeringan secara alami. Untuk mengeringkan bunga bisa dilakukan dengan cara menggantungkan bunga, ditekan dengan teknik pressing, atau diawetkan dengan proses rehidrasi. Bunga kering ini tetap tampak segar seperti bunga hidup.

Ada banyak orang yang senang mendekorasi rumah dengan bunga kering ini. Bahkan bunga kering juga bisa dijadikan sebagai kado untuk sahabat atau pasanganmu. Berikut cara memilih bunga kering yang bagus:

Cara Memilih Bunga Kering

1. Pilih Berdasarkan Jenis Bunga

Cara memilih bunga kering yang pertama, tentu saja dengan memilih berdasarkan jenis bunga. Sahabat Fimela bisa menggunakan bunga matahari, daisy, bunny's tail grass, lavender, mawar, pampas, edelweiss, dan lain sebagainya. Selain itu, sorgum, gandum, atau daun palem juga bisa dijadikan sebagai pilihan.

2. Kombinasikan Warna Bunga

Saat memilih bunga kering, sebaiknya kombinasikan warna bunga sesuai dengan ruangan rumahmu. Contohnya, jika ingin suasana yang rustic, natural, dan minimalis, dapat menggunakan kombinasi dari bunga pampas, statice, dan lagurus. Untuk memberikan kesan yang vintage, bisa menggunakan warna bunga yang terang, seperti mawar merah.

3. Pilih Bunga Sesuai Kebutuhan

Cara yang terakhir adalah pilih bunga kering sesuai dengan kebutuhan. Bunga kering bisa dijadikan sebagai hiasan rumah, kado ulang tahun, bouquet bunga untuk pernikahan, dan kerajinan tangan lainnya. Pastikan untuk memahami jenis bunga kering terlebih dahulu sebelum membelinya.

Cara Merawat Bunga Kering

Walaupun bunga kering tidak akan layu, tetapi bunga kering harus tetap dirawat agar indah dan tahan lama. Cara merawat bunga kering ini sangat mudah. Tentu saja Sahabat Fimela tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk merawatnya.

Ada baiknya jangan menyimpan bunga kering di tempat yang lembap. Simpanlah bunga kering di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Letakkan bunga kering di dalam vas atau wadah yang tidak terbuat dari plastik. Hal ini dilakukan agar tidak terdapat jamur yang tumbuh di bunga kering.

Jangan lupa untuk sering membersihkan bunga kering yang ditempeli kotoran dan debu. Hindari juga meletakkan bunga kering di area yang terkena sinar matahari langsung. Bunga kering akan bertahan hingga 3 tahun jika dirawat dengan baik.

Cara Membuat Bunga Kering

  1. Pilih jenis bunga yang akan dikeringkan terlebih dahulu. Usahakan untuk memilih bunga yang masih kuncup.
  2. Pilih bunga dengan tangkai yang panjang, agar bisa dikeringkan dengan sempurna. Potong daun-daun yang menempel pada tangkai.
  3. Ikat bunga yang masih kuncul dan gantungkan secara terbalik. Biarkan bunga mengalami proses pengeringan selama 2 hingga 4 minggu.
  4. Semprotkan floral sealer pada bunga sebelum dikeringkan, untuk mengurangi kerontokan kelopak bunga.
  5. Bunga yang sudah kering siap untuk dihias.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading