Sukses

Lifestyle

Mampu Deteksi Kebohongan, 6 Tanda Kecerdasan Interpersonal yang Disukai Banyak Orang

Fimela.com, Jakarta Dalam bersosialisasi tak jarang kita menemukan para social butterfly yang dengan mudah menjalin hubungan dengan orang lain. Orang-orang ini mampu menjaga hubungan sehat, positif, dan efektif dengan kasual dan seolah itu bukan hal besar. Atau mungkin, Sahabat Fimela termasuk merupakan orang dengan ciri seperti ini?

Karakter yang mudah untuk terkoneksi, memahami, berkomunikasi dan meng-influence orang lain ini disebut dengan kecerdasan interpersonal.  Mengutip dari situs Indeed.com, kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk memahami perasaan orang lain dan berinteraksi dengan cara yang sesuai dengan kondisi dan situasi tertentu sehingga komunikasi lebih efektif.

Kecerdasan interpersonal melibatkan self-awarness yang berarti sadar akan emosi yang dirasakan dan perilaku yang dilakukan. Kemudian dengan kesadaran itu, orang dengan kecerdasan interpersonal mampu menyesuaikan komunikasi dengan lawan bicaranya. Kecerdasan ini tentu saja memiliki banyak sekali keuntungannya.

Apakah Sahabat Fimela termasuk orang dengan kecerdasan interpersonal? Simak tanda-tanda orang dengan kecerdasan interpersonal berikut ini! Check it out!

1. Intuisimu tentang orang lain selalu benar

Orang dengan kecerdasan interpersonal dikenal memiliki intuisi yang kuat. Ketika mereka bertemu dengan orang-orang baru, mereka akan mampu merasakan energi emosional orang tersebut. Pada dasarnya setiap orang pasti selalu menilai dan memprediksi personalitas dan niat orang lain.

Melansir dari Learningmind.com, pemilik kecerdasan interpersonal cenderung memiliki penilaian yang tepat akan semua prediksinya. Intuisi mereka selalu terbukti benar, sedangkan orang yang tidak, tidak selalu menentu, terkadang bisa benar, terkadang salah.

2. Mampu memahami perasaan orang lain hanya dengan melihatnya

‘Body language speaks louder than words’. 80 persen momen ketika kita berinteraksi, banyak pesan yang diterima dari ekspresi wajah dan tanda-tanda non-verbal. Meski begitu, tidak semua orang mampu membaca ekspresi wajah dan bahasa tubuh dengan baik, sebaik orang dengan kecerdasan interpersonal.

Apabila Sahabat Fimela mampu membaca mood dan situasi emosional orang lain dengan tepat, sehingga mampu memberikan komunikasi dan interaksi yang sedang mereka inginkan. Artinya Sahabat Fimela termasuk orang dengan ciri kecerdasan interpersonal. Kemampuan ini juga memudahkan untuk melihat segala macam kemungkinan dari perspektif orang lain.

3. Prediksimu selalu benar

Memprediksi bukan dalam artian sains atau matematika. Orang dengan kecerdasan interpersonal yang baik akan mampu membaca situasi dari banyak sudut pandang. Dengan begitu, mereka juga akan bisa memprediksi kemungkinan situasi yang akan terjadi.

Dengan kemampuan ini, orang dengan kecerdasan interpersonal yang tinggi akan mampu melindungi diri dari situasi tidak menyenangkan atau bahkan menemukan celah kesempatan yang memiliki manfaat baik untuk dirimu.

4. Lie Detector Berjalan

Memiliki kecerdasan intepersonal yang tinggi memungkinkan untuk mendeteksi kebohongan dari orang lain dengan mudah. Trait penting ini juga datang dari kecerdasan membaca bahasa tubuh. Dengan kemampuan ini, kita bisa dengan mudah menyadari tanda kebohongan yang samar-samar terlihat dari bahasa tubuh lawan bicara.

Kemampuan ini membuat orang dengan kecerdasan interpersonal lebih cenderung tidak mudah dibodohi dan mereka mampu mengendalikan pembicaraan dengan lues dan percaya diri.

5. Menjadi tujuan orang lain untuk curhat dan minta saran

Ketika orang lain membicarakan masalah personalnya pada orang dengan kecerdasan interpersonal yang baik, biasanya mereka akan memberikan saran-saran anti klise dan solusi standar. Saran yang diberikan cenderung benar-benar praktis sehingga mampu memberikan jalan keluar untuk masalah.

Orang dengan kecerdasan interpersonal menanggapi permasalahan lawan bicaranya dengan menyesuaikan masalah tersebut apabila terjadi pada dirinya. Dengan memahami situasi orang yang curhat dari dalam, maka solusi terbaik bisa ditemukan. Karena itu, orang dengan kemampuan ini banyak dipercaya oleh orang lain.

 

6. Menjadi orang favorit

Dengan segala pemahaman, cara komunikasi, dan kemampuan menciptakan nuansa interaksi yang positif membuat orang dengan kecerdasan interpersonal banyak disenangi orang lain. Mereka memiliki cara yang unik dalam membangun hubungan dengan orang lain. Selain itu, kemampuan mendengar yang baik dan suportif membuat orang lain mudah terpikat dengan orang dengan kecerdasan interpersonal.

Bagaimana? Apakah Sahabat  Fimela termasuk orang dengan kecerdasan interpesonal?

*Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading