Sukses

Lifestyle

Ajak Masyarakat Peduli Deteksi Dini Kanker Payudara, Love Pink Kembali Adakan Kegiatan Menarik

Fimela.com, Jakarta Lovepink, sebuah organisasi nirlaba yang fokus kepada kegiatan sosialisasi deteksi dini dan pendampingan bagi perempuan dengan kanker payudara, kembali menyelenggarakan Indonesia Goes Pink (IGP), sebuah rangkaian kegiatan tahunan yang bertujuan mengajak masyarakat luas untuk lebih mawas diri terhadap kanker payudara. 

Memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-6, IGP mengakat tema “Rising Up Together” yang memiliki tiga komponen penting seperti to empower patients (warriors and survivors), to empower women and families, dan to empower society and other patient groups

“Pada intinya, Rising Up Together adalah sebuah perayaan kehidupan, sekaligus pengingat bahwa kita semua di sini ada untuk saling mendukung, dengan menciptakan komunitas yang welas asih dan memberdayakan,” papar Samantha Barbara, Chairwoman Lovepink dalam siaran pers yang diterima Fimela.com.  

Ia juga menyampaikan kegiatan utama di IGP 2022 adalah PINK DANCE Competition, yaitu lomba menari (antar group) dengan koreografi yang mengacu pada gerakan-gerakan dasar SADARI (periksa payudara sendiri) yang bertujuan sebagai pengingat untuk melakukan SADARI secara rutin, lewat cara yang lebih menarik dan mudah untuk dipopulerkan. Lima group peserta terbaik akan tampil pada momen PINK WALK tanggal 9 Oktober. 

IGP 2022 juga akan memberikan banyak informasi dengan mengadakan PINK WEBINAR SERIES, yaitu rangkaian webinar yang terbuka untuk publik, berlangsung pada 7-8 Oktober. Topik yang akan dibawakan seputar kesehatan perempuan dan kanker payudara, juga topik-topik yang membangun rasa percaya diri dan memberdayakan penyintas kanker payudara, dengan menghadirkan narasumber yang mumpuni di bidang masing-masing, mulai dari dokter, praktisi kesehatan mental dan fisik, ahli gizi, dan sebagainya. 

Salah satu bagian dari rangkaian acara tetap Indonesia Goes Pink, PINK WALK, tahun ini kembali hadir sebagai ajang jalan santai dalam suasana gembira bersama warriors, survivors, teman dan keluarga, dengan tujuan untuk membangkitkan semangat para pejuang kanker payudara, sekaligus mengingatkan masyarakat umum akan pentingnya deteksi dini kanker payudara. PINK WALK akan berlangsung di VIP Barat Stadion Utama Gelora Bung Karno pada hari Minggu, 9 Oktober. 

Selain ketiga kegiatan utama di atas, perayaan bentuk syukur IGP yang ke-6 juga makin berwarna dengan acara nonton bareng untuk para warriors dan survivors. Film yang akan diputar berjudul Pinky Promise, bertemakan perjuangan perempuan-perempuan dengan kanker payudara.

“Seluruh acara kami susun dengan tujuan menumbuhkan kesadaran sambil menciptakan kegembiraan, membekali diri dengan pengetahuan, serta mensyukuri perjalanan hidup.” papar Samantha.

Pemeriksaan USG Payudara Gratis untuk 10.000 Perempuan dengan keterbatasan finansial

Bersamaan dengan penyelenggaraan IGP 2021 pada bulan Oktober tahun lalu, Lovepink melaksanakan gerakan 1.000 USG Payudara Gratis yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi dini sehingga pada akhirnya dapat mengurangi potensi terpapar kanker payudara.

Sampai awal tahun 2022, Gerakan1.000 USG Payudara yang dilakukan di wilayah Padang, Banjarbaru, Jabodetabek, Yogyakarta dan Jember sudah menjangkau lebih dari 2.500 perempuan yang melakukan pemeriksaan payudara secara klinis.

Dengan pencapaian tersebut, Lovepink melanjutkan gerakan ini dengan meningkatkan target jumlah pemeriksaan hingga 10.000 untuk memperluas akses bagi perempuan dengan keterbatasan finansial di Indonesia agar berkesempatan melakukan deteksi klinis.

Untuk pelaksanaan Gerakan 10.000 USG Payudara Gratis ini, Lovepink menjalin kerjasama dengan beberapa rumah sakit di wilayah Padang, Banjarbaru, Jabodetabek, Yogyakarta, Jember, dan Bandung yang dirujuk berdasarkan data lokasi masing-masing peserta yang telah berlangsung sejak Agustus 2022.

Dewa Budjana Lelang Gitar sebagai Wujud Dukungan kepada Lovepink

Selain rangkaian kegiatan edukasi dan hiburan, pelaksanaan IGP 2022 semakin meriah karena Dewa Budjana, musisi sekaligus gitaris band Gigi, akan melelang dua buah gitar yang saat ini dipamerkan di Distrik Seni, Sarinah, dalam sebuah eksibisi yang bertajuk “Dawai Dawai Dewa Budjana”, sebagai bentuk dukungan terhadap Lovepink.

Gitar- gitar tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Dewa Budjana dengan pelukis Putu Sutawijaya dan Eko Nugroho, lalu ada juga sebuah gitar yang dilukis oleh Sekar Jatiningrum, seorang perupa yang juga merupakan survivor kanker payudara.

Lelang dua buah gitar tersebut akan dilaksanakan pada minggu kedua Oktober 2022, dan hasil dari pelelangan gitar-gitar tersebut sepenuhnya akan digunakan untuk mendukung Gerakan 10.000 USG Payudara Gratis.

Melalui IGP 2022, Lovepink berharap gaung kampanye waspada kanker payudara akan berkelanjutan, dan Lovepink terus menjadi wadah yang menguatkan baik bagi para warriors dan survivors kanker payudara, keluarga mereka, para perempuan, dan masyarakat luas.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading