Sukses

Lifestyle

5 Ciri Perempuan Bermental Kuat dan Tak Mudah Diremehkan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Diremehkan atau dipandang rendah orang lain bisa sangat melukai harga diri. Bahkan perlakuan buruk orang lain bisa membuat kita mengalami trauma yang dampaknya bisa memengaruhi kesehatan mental. Walau kita tak bisa mengatur respons atau perlakuan orang lain terhadap kita, tetapi kita bisa mengupayakan sejumlah hal untuk menjadi perempuan yang bermental lebih kuat.

Bisa jadi selama ini kita punya mental yang kuat di dalam diri. Hanya saja kita belum cukup peka untuk menerima dan mengoptimalkannya. Kini, mari coba kita cari tahu lagi apakah ada kualitas baik dalam diri yang bisa kita maksimalkan agar tidak gampang dipandang remeh oleh orang lain.

 

 

1. Punya Growth Mindset

Pernah dengar istilah growth mindset atau pola pikir berkembang? Mengutip buku Your Turn: How to Be an Adult, Profesor Carlon Dweck dalam risetnya tentang growth mindset (pola pikir berkembang) memaparkan pentingnya untuk fokus pada upaya yang kita lakukan, alih-alih pada mengejar kesempurnaan semata. Ketika kita bisa fokus pada pelajaran yang bisa dipetik dari tiap persoalan, maka kita bisa senantiasa berkembang dan bertumbuh jadi pribadi yang lebih kuat lagi. Memiliki pola pikir berkembang bisa membantu kita untuk memperkuat mental yang kita punya.

 

 

2. Punya Kemampuan Mengelola Stres dengan Baik

Kondisi stres dan penuh tekanan kadang tak bisa dihindari. Sehingga untuk bisa bertahan melewati keadaan yang tak menyenangkan adalah dengan mengelolo stres dengan baik. Mengutip buku How to Love, manusia mengatasi stres dengan kebiasaan dan pengetahuan masing-masing. Tiap individu punya mekanisme pertahanan dirinya sendiri. Saat sudah punya metode mengelola stres yang bisa bantu tenangkan diri, maka akan selalu ada peluang untuk kembali menegakkan kepala setelah terpuruk.

 

 

3. Dapat Memberi Pengaruh Positif

Orang akan segan merendahkan atau meremehkanmu saat tahu ada pengaruh positif dan baik yang bisa kamu tebarkan ke banyak orang. Bukan berarti dalam berbuat baik kamu mengharapkan imbalan atau balasan. Namun, saat kamu bisa menjalani peran dengan baik dan menghadirkan manfaat untuk orang-orang di sekitar, maka kamu akan selalu memiliki kekuatan untuk menjalani hidup dengan hati yang kuat.

 

 

 

4. Mampu Berdamai dengan Rasa Takut

Tidak lari atau kabur dari masalah juga merupakan karakter perempuan bermental kuat. Rasa takut memang dirasakan ketika menghadapi masalah, tetapi rasa takut itu bukan hambatan untuk bisa mengatasi sebuah masalah dengan pikiran jernih. Kuat bukan berarti tak pernah takut, melainkan berdamai dengan rasa takut yang ada sehingga bisa menyelesaikan setiap persoalan dengan kepala jernih.

5. Bisa Menjaga Harga Diri

 

Harga diri bisa didefinisikan sebagai kemampuan untuk membuat keputusan sendiri dan menghargai keputusan tersebut. Menjaga harga diri bisa dibilang bersikap lebih tegas dan bertanggung jawab dengan setiap hal yang dilakukan. Saat kita bisa menjaga harga diri dengan baik, kita tak akan gentar menghadapi orang yang berniat menjatuhkan kita. Serta, di dalam diri kita, kekuatan dan keberanian akan senantiasa hadir menemani kita.

Semoga ke depannya kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik lagi, ya. Terima kasih sudah melakukan semua hal terbaik dalam hidup ini.

 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading