Sukses

Lifestyle

3 Cara Membuat Simpul Rajut untuk Pemula yang Mudah

Fimela.com, Jakarta Ada banyak sekali hobi yang bisa dilakukan di waktu luang. Bahkan hobi juga bisa dijual dan menghasilkan uang yang banyak. Salah satunya adalah hobi merajut.

Bagi pemula, mungkin merajut terlihat agak susah dan banyak simpul yang harus dipelajari. Namun, Sahabat Fimela tidak perlu bingung untuk belajar merajut. Karena ada beberapa cara membuat simpul rajutan yang mudah dipelajari oleh pemula.

Dengan merajut, bisa membantumu melatih konsentrasi, ketenangan dan kesabaran. Hasil rajutan juga bisa dijual dengan harga yang lumayan besar. Untuk itu, yuk belajar merajut dengan cara membuat simpul rajutan berikut ini:

Jenis Benang yang Digunakan untuk Rajutan

1. Benang Wol

Jenis benang yang sering digunakan untuk merajut adalah benang wol. Benang wol memiliki tekstur yang lembut, dan dapat menyerap keringat jika digunakan. Benang wol sangat cocok digunakan untuk membuat rajutan, seperti sweater atau syal.

2. Benang Katun

Selain benang wol, ada benang katun yang bisa digunakan untuk membuat pakaian dari rajutan. Rajutan yang terbuat dari katun sangat nyaman untuk digunakan. Karena lembut, mudah menyerap keringat dan dingin saat dipakai.

3. Benang Linen dan Rayon

Untuk aksesoris seperti topi, gantungan kunci, atau tas, Sahabat Fimela bisa menggunakan benang linen dan rayon. Benang ini lebih kuat dan agak berat saat dibuat menjadi rajutan. Sehingga tidak akan cocok jika digunakan untuk membuat pakaian.

4. Benang Sintetis Nilon dan Akrilik

Jika ingin membuat boneka dari rajutan, gunakan benang sintetis nilon dan akrilik. Benang yang kaku ini bisa membuat boneka atau pernak pernik menjadi indah dan kuat. Hasil rajutan menggunakan benang ini memiliki daya tahan yang lama dan tidak mudah rusak.

Cara Membuat Simpul Rajut

1. Simpul Awal

Cara membuat simpul rajut yang pertama, yaitu membuat simpul awal dengan melingkarkan benang pada hakpen. Sisakan sedikit benang dan letakkan di bagian tengah lingkaran. Jika sudah, hakpen dapat dimasukkan dari bawah ke tengah lingkaran.

Setelah itu, tarik benang yang panjang dan kaitkan hakpen pada benang. Lalu tarik benang hingga keluar dari hakpen. Lakukan terus menerus hingga mendapatkan hasil rajutan yang panjang.

2. Simpul Rantai

Cara membuat simpul rantai adalah dengan membuat tusuk rantai sebanyak empat rantai. Awali dengan mengkaitkan hakpen pada benang, lalu masukkan hakpen pada lubang kelima. Setelah itu kaitkan pada benang dan tarik hakpen. Ulangi cara tersebut dengan melewati dua lubang.

Kemudian kaitkan lagi hakpen pada dua lubang terakhir. Maka jadilah simpul rantai yang panjang. Lalu putar sisi sebaliknya dan buat hingga tiga baris.

3. Simpul Rantai Keriting

Simpul rantai keriting sangat mudah dibuat pemula. Caranya dengan membuat tusuk rantai sebanyak 7 rantai. Lalu masukkan hakpen pada lubang ketiga dan kaitkan pada benang. Tarik benang dan kaitkan lagi hingga melewati dua lubang. Ulangi terus dan buat sampai dua baris rajutan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading