Sukses

Lifestyle

5 Cara Kuatkan Diri Hadapi Hidup yang Terasa Makin Berat

Fimela.com, Jakarta Hidup yang kamu jalani terasa makin berat? Masalah yang hadir terasa tak ada habisnya datang silih berganti? Walau rasanya ingin menyerah dan putus asa, masih ada sejumlah upaya untuk diusahakan agar kita bisa tetap kuat dan tegar.

Bagi yang saat ini butuh semangat dan kekuatan baru untuk menjalani hidup yang terasa makin berat, cara-cara ini bisa kamu coba lagi. Melalui hal-hal sederhana, kita bisa menemukan kekuatan baru untuk tetap melangkah ke depan menjalani kehidupan.

 

 

1. Terima Segalanya sebagai Proses untuk Bertumbuh

Semua kesalahan dan kegagalan yang pernah dialami dan dihadapi mungkin pahit. Namun, cobalah untuk menerima semua itu sebagai proses untuk bertumbuh jadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa lagi. Dengan begitu, kita tak lagi memandang hidup sebagai perjalanan yang mengandung banyak masalah, melainkan banyak pelajaran dan hikmah untuk membuat kita menjadi pribadi yang lebih kuat.

 

 

2. Jadikan Diri sebagai Pribadi yang Bermanfaat

Mengutip buku The Atlas of Happiness, homeyness yang didefinisikan sebagai perasaan seperti di rumah digunakan untuk menggambarkan sifat yang nyaman dan hangat. Istilah ini mengacu pada bagaimana sebuah kebahagiaan bisa didapatkan dan ditemukan pada hal-hal yang lebih sederhana. Salah satunya dengan menempatkan diri sebagai pribadi yang bisa memberi manfaat. Kadang kita merasa hidup ini berat karena kita tak punya peran pentingdi dalamnya. Untuk itu, kita bisa coba membuat keberadaan kita lebih bermanfaat dan menghadirkan pengaruh positif untuk sekitar kita.

 

 

3. Jaga Harapan-Harapan Baik

Hidup mungkin terasa penuh cobaan dan ujian. Banyak kenyataan pahit yang harus ditelan dan dihadapi. Untuk bisa bertahan melewati dan melalui itu semua, kita bisa berusaha untuk tetap menjaga harapan-harapan baik. Selama masih ada harapan baik yang bisa kita jaga, maka kita akan selalu menemukan kemudahan di balik tiap kesulitan yang kita hadapi.

 

 

4. Berterima Kasih pada Diri Sendiri

Luangkan waktu sejenak untuk mengapresiasi diri sendiri. Berterima kasihlah pada diri sendiri yang sudah melakukan semua hal terbaik yang bisa dilakukan. Kadang kita terlalu keras pada diri sendiri sehingga segalanya terasa sangat berat dan sulit. Dengan meluangkan sedikit waktu untuk mengapresiasi diri sendiri, kita bisa melangkah ke depan dengan hati yang lebih ringan.

 

 

5. Kurangi Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Semakin sering kita membandingkan diri dengan orang lain, semakin sulit kita merasa bahagia dengan kehidupan kita sendiri. Cobalah untuk mengurangi kebiasaan membandingkan diri agar bisa lebih fokus jalani hidup sendiri dengan lebih baik. Sudah saatnya untuk mengupayakan kebahagiaan dan kesuksesan yang kita inginkan sendiri.

Semoga ke depannya kamu bisa menjalani hidup dengan lebih baik lagi, ya. Terima kasih sudah melakukan semua upaya terbaikmu sampai berhasil bertahan hingga saat ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading