Sukses

Lifestyle

How To: Langkah Mudah Mencuci Bantal agar Bersih, Tetap Empuk, dan Lembut

Fimela.com, Jakarta Bantal adalah benda penting untuk membuat tidur nyaman dan nyenyak. Saat tidur setiap orang pasti menggunakan bantal. Keringat, minyak wajah atau rambut, hingga sel kulit mati mungkin akan menempel dan meresap pada sarung bantalmu selama tertidur. Terkadang bahkan akan menyerap hingga ke bantal saat keringat atau bakteri lainnya menumpuk pada sarung bantal. Inilah yang menyebabkan bantal kotor.

Bantal harus rutin dicuci setiap 6 bulan sekali. Bantal yang kotor hanya akan menyebabkan masalah kulit wajah dan menjadi sumber bakteri. Agar bantal tetap empuk, lembut, dan terjaga kebersihannya berikut tips dan langkah mudah mencuci bantal dilansir dariĀ Architectural Digest.

Mencuci Bantal dengan Mesin Cuci

Mesin cuci adalah alat untuk mempermudah pekerjaan bersih-bersih. Namun tidak semua jenis bantal bisa dicuci di mesin cuci. Jenis bantal yang aman dicuci menggunakan mesin cuci adalah bantal katun, bulu, bulu halus, dan fiberfill. Cara terbaik untuk menjaga bantal tetap empuk setelah dicuci adalah dengan membaca petunjuk khusus dalam penyucian tiap jenis bantal. Untuk mempermudah, tips berikut dapat dicoba.

Langkah-langkah Mencuci BantalĀ :

  1. Lepaskan sarung bantal, cuci secara terpisah
  2. Masukan 2 bantal sekaligus untuk menyeimbangkan berat beban cucian
  3. Gunakan detergen ringan dan hindari menggunakan pemutih. Pemutih akan membuat bantal menyusut
  4. Gunakan kecepatan ringan hingga sedang
  5. Bila terdapat spot dengan noda, ucek dengan tangan. Bisa gunakan kain lembap dengan larutan sabun lalu gosok bagian yang memiliki noda
  6. Keringkan bantal dengan mesin pengering, lalu jemur selama beberapa jam hingga benar-benar kering
  7. Setelah kering, bantal siap digunakan kembali!

Tips: Untuk bantal busa, lepaskan pelindung bantal dan cuci busa bantal pada mesin cuci.

Bantal yang kotor dapat menjadi faktor pendukung timbulnya jerawat pada wajah. Maka dari itu, yuk jaga kebersihan bantal.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading