Sukses

Lifestyle

5 Bukti Beratnya Masa Lalu Justru Membuatmu Jadi Perempuan Kuat

Fimela.com, Jakarta Di antara kita ada yang memiliki masa lalu yang berat. Bahkan mengingat atau mengenang kembali hal-hal yang sudah berlalu membuat kita seakan harus membuka lagi luka lama. Apa pun berat dan sulitnya masa lalu yang pernah dialami, semua itu sudah berlalu.

Masa lalu yang berat pun justru bisa menempa mentalmu jadi lebih kuat lagi. Dirimu yang kini lebih tangguh dan tegar juga berkat semua pengalaman yang membantumu lebih dewasa dan bijak. Beratnya masa lalu telah berhasil kamu ubah sebagai motivasi dan pemacumu untuk menjadi perempuan yang lebih kuat lagi.

1. Bisa Memetik Hikmah dari Kejadian yang Ada

Saat kamu bisa melihat sisi baik atas hal yang pernah kamu alami, maka kamu akan tumbuh jadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa lagi. Tak semua hal yang terjadi menyenangkan dan membahagiakan. Namun, ketika hal-hal berat disikapi sebagai bagian dari proses pendewasaan hidup, maka seiring waktu berjalan kamu akan menjadi pribadi dengan hati yang lebih bijak lagi.

2. Menyadari Keterbatasan Diri Tak Membuatmu Merasa Rendah

Keterbatasan diri mungkin pernah membuatmu merasa terpuruk atau minder. Bahkan kejadian di masa lalu yang tak menyenangkan sempat kamu sangka terjadi karena kesalahanmu. Padahal keterbatasan diri dan kesalahan juga bagian dari dirimu dan kehidupanmu. Saat kamu sudah bisa berdamai dengan keterbatasan itu, maka kamu bisa makin mawas diri dalam menjalani kehidupan.

3. Bisa Fokus Menjalani Masa Kini dengan Sebaik Mungkin

Karena kamu tahu betapa sulitnya melalui dan melewati masa lalu yang berat, kini saat kamu dihadapkan pada masa kini kamu berusaha untuk melakukan semua hal terbaik. Karena sudah tahu pahitnya sebagian perjalanan hidupmu, kamu pun senantiasa melakukan hal-hal yang masih bisa diusahakan saat ini dengan sebaik mungkin. Sebab dengan menjalani masa kini sebaik-baiknya, kamu bisa makin mensyukuri setiap detik waktu yang kamu miliki dalam hidup.

4. Bisa Memandang Dunia dengan Pikiran yang Lebih Terbuka

Kini, kamu tak lagi memandang dunia hanya terbatas pada hitam dan putih. Kamu sudah bisa melihat banyak warna dan berbagai sudut pandang tentang kehidupan. Mengutip buku Merawat Luka Batin, pemikiran hitam dan putih membagi semua pengalaman menjadi dua kutub ekstrem, tidak ada jalan tengah: jika bukan benar berarti salah, jika bukan baik berarti buruk, jika bukan putih berarti hitam. Saat kamu bisa menghargai hidup yang kompleks dan tidak lagi berpikiran serba hitam putih, maka ada hati yang sudah lebih kuat dan tangguh di dalam dirimu.

 

 

5. Bisa Mengelola Stres dengan Lebih Baik

Beratnya masa lalu membuatmu pernah berada di titik terendah. Tingkat stres yang kamu rasakan pada saat itu pun cukup membuat kewalahan. Sampai kemudian kamu bisa menemukan cara atau metode tersendiri dalam mengatasi dan mengelola stres yang ada, dan itu menjadi pelajaran dan bekal untuk membuatmu bertahan saat mengalami masa sulit lagi. Kini dengan kemampuan mengelola stres yang lebih baik tanpa melukai diri, kamu menjadi perempuan yang lebih kuat.

Beratnya masa lalu memang cukup pahit untuk diingat kembali. Namun, kini ketika kamu sudah menjadi pribadi yang lebih baik dan kuat lagi, kamu masih punya harapan untuk menjalani hidup dengan hal-hal baik dan yang lebih membahagiakan lagi.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading