Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Perlu Sering Dibeli jika Ingin Lebih Hemat

Fimela.com, Jakarta Hidup hemat sangat disarankan. Apalagi jika kamu memiliki cita-cita yang harus diwujudkan di masa depan. Menjadi pribadi hemat bukan berarti pelit ya Sahabat Fimela. Berhemat artinya memprioritaskan segala hal yang memang kamu butuhkan dan mengenyampingkan sesuatu yang tak butuhkan. 

Berhemat berarti juga mencoba hidup apa adanya. Karena kalau kita mengikuti gaya hidup, kita akan cenderung boros dan sulit menabung. Mnegikuti gaya hidup apalagi jika tidak sesuai dengan pemasukan, ini rentan membuat kita kelabaan dalam mengelola keuangan. 

Bicara mengenai berhemat, mengutip dari laman timesofindia.indiatimes.com, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak perlu kamu beli terlalu sering jika ingin hidup lebih hemat. Barang-barang ini cukup dibeli ketika kamu memang sangat membutuhkannya. Apa saja?

Buku dan Majalah

Buku dan majalah memang menjadi sesuatu yang penting untuk setiap orang. Tapi pikir lagi jika ingin menambah koleksi buku. Kamu harus mengalokasikan dana dengan baik dan menyisihkan uang untuk buku jika memang kamu hobi pada buku. Hindari asal beli buku baru karena ini bisa berisiko pemborosan. Daripada membeli buku, kamu bisa mengakalinya dengan membaca buku di internet atau e-book yang tanpa berbayar. 

Musik dan Film

Sama dengan buku dan majalah, sebaiknya kamu jangan terlalu banyak mengeluarkan uang untuk dua hal ini. Untuk bisa mendengarkan musik kesukaan, kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi online yang menawarkan musik tanpa berbayar. Beberapa aplikasi online juga menawarkan berbagai films dengan daya beli terjangkau untuk kurun waktu cukup lama.

Air Mineral Botol

Mungkin hal ini terdengar sepele. Tapi ini adalah cara terbaik untuk hidup lebih hemat. Hindari membeli air mineral botol setiap kali kamu keluar rumah. Meski harganya tak seberapa, jika ini kamu lalukan terlalu sering ini akan menguras isi kantongmu. Sebaiknya ganti kebiasaan membeli air mineral botol dengan membawa air minum sendiri dari rumah.

Makan di Luar

Makan atau jajan di luar memang menyenangkan. Tapi jika kamu ingin berhemat, sebaiknya kurangi kebiasaan beli makanan atau minuman di luar. Alangkah baiknya jika kamu masak sendiri di rumah. Selain lebih hemat, masak sendiri di rumah juga menjamin makanan tersebut lebih sehat. 

Sabun Mewah

Cara berhemat selanjutnya adalah kurang-kurangi membeli sabun mewah dengan harga super mahal. Sabun mewah dan sabun pada umumnya pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Sebaiknya beli sabun yang biasa namun memiliki manfaat yang luar biasa dan lebih menyehatkan. Membeli sabun atau peralatan mandi yang mewah akan rentan membuat kita sulit berhemat. 

Itulah beberapa hal yang sebaiknya dihindari untuk dibeli terlalu sering, jika kita ingin menerapkan pola hidup yang lebih hemat serta bijaksana. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading