Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Kesibukan Kerja Membuatmu Bahagia

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang memilih untuk bekerja, pastinya kamu menyadari ada banyak tantangan dan persoalan yang harus kamu hadapi. Mulai dari mengatur waktu dan prioritas hingga menjaga komitmen serta kedisiplinan untuk terus mengasah potensi diri. Kesibukan kerja memang kadang bikin stres, tapi kalau kita bisa menyikapinya dengan sudut pandang yang lebih positif, kesibukan yang ada bisa membuat kita merasa bahagia.

Agar kesibukan kerja bisa hadirkan kebahagiaan, ada strategi sederhana yang bisa dicoba. Bisa dimulai dari lima langkah berikut ini. Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Buat Jadwal Istirahat yang Cukup

Sesuka apa pun kita dengan sebuah pekerjaan, pasti ada titik jenuh yang akan dihadapi. Hal ini perlu diantisipasi dengan membangun rutinitas yang seimbang dan baik untuk kesehatan tubuh sekaligus pikiran. Bisa dimulai dengan menjadwalkan waktu istirahat yang cukup. Bekerja akan terasa lebih mudah dilakukan saat kita bisa memiliki kualitas istirahat yang baik juga.

 

 

2. Lebih Fleksibel dalam Menjaga Ekspektasi Diri

Kadang kita merasa kecewa karena pekerjaan yang sudah kita lakukan dengan baik tidak diharga oleh orang lain. Atau ada idealisme diri yang tak terpenuhi dari pekerjaan yang tadinya kita kerjakan dengan sepenuh hati. Daripada terus tenggelam dalam rasa kecewa, kita bisa coba lebih fleksibel menjaga ekspektasi diri. Sesekali kita memang perlu mengubah rencana dan cara bekerja agar bisa mencapai tujuan bersama.

 

 

3. Membuka Diri pada Hal-Hal Baru

Dalam menekuni suatu pekerjaan, akan ada hal-hal baru yang dihadapi. Tak hanya hal-hal menyenangkan, tetapi juga hal-hal yang tak menyenangkan. Mengutip buku Love for Imperfect Things, "Kita salah jika mengira pekerjaan impian kita akan selalu menyenangkan dan menarik. Setiap pekerjaan memiliki bagian yang membosankan. Ingatlah bahwa akan selalu ada ujian yang harus dilewati sebelum sesuatu membuahkan hasil." Agar kita tidak gampang kecewa atau terpuruk dalam kesedihan, kita bisa lebih membuka diri terhadap hal-hal baru. Sehingga kita bisa lebih siap mengantisipasi hal-hal yang terjadi di luar rencana atau harapan.

 

 

4. Hadirkan Kepuasan Batin

Kepuasan batin bisa terasa sangat personal. Apalagi dalam urusan pekerjaan, kadang orang lain menganggap pekerjaan kita "buruk" padahal kita sebenarnya sangat menikmati pekerjaan tersebut dan mendapatkan kepuasan batin. Hanya saja memang apa pun pekerjaan yang kita pilih, kita pasti akan dibanding-bandingkan dengan pekerjaan orang lain. Jadi, tak perlu memusingkan soal apa kata orang, mending fokus pada kepuasan batin yang bisa kita miliki.

 

 

5. Sertai Pekerjaan dengan Niat Baik

Awali rutinitas bekerja dengan niat baik. Sertai pekerjaan dengan doa dan harapan baik. Walau mungkin dampak atau pengaruhnya tak bisa serta merta mengubah dunia, tapi setidaknya kita bisa menghadirkan sedikit kontribusi untuk lingkungan yang bisa kita jangkau. Kebahagiaan bisa hadir dengan sendirinya saat ada hal baik yang kita hadirkan dalam niat kita melakukan pekerjaan.

Semoga kamu bisa bahagia dan sejahtera dengan pekerjaan yang kamu tekuni saat ini. Yakin saja setiap jerih payah yang kamu lakukan bisa menghadirkan kebaikan.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading