Sukses

Lifestyle

Mengenal 5 Jenis Kepribadian Menurut Ilmu Psikologi

Fimela.com, Jakarta Kepribadian berperan penting atau memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan seseorang. Lewat kepribadian, kita bisa melihat seperti apa karakter seseorang, bagaimana ia memilih teman, bagaimana ia bekerja, menjalin hubungan dan masih banyak lagi. Leaat kepribadian pula, kita bisa mengembangkan potensi diri dan mencari kelemahan dalam diri. 

Menurut ahli, kepribadian manusia umumnya dibagi menjadi lima jenis. Para ahli psikologi modern memercayai bahwa ada lima jenis kepribadian utama. Penasaran apa saja jenis kepribadian tersebut? Mengutip dari laman verywellmind.com, berikut jenis kepribadian tersebut.

Opennes atau Terbuka

Orang-orang ini memiliki kepribadian yang terbuka. Mereka memiliki minat yang luas dan imajinasi yang jelas. Pemilik kepribadian ini juga mau menerima perubahan dengan baik. Umumnya, mereka kreatif dan mengejar mimpi dengan sangat baik. Mereka juga memiliki sikap yang ceria, ramah serta mudah berbaur dengan sekitarnya.

Conscientiousness atau Hati-Hati

Umumnya, orang dengan kepribadian ini terorganisir dengan baik. Mereka merencanakan sesuatu yang dengan jelas, efisien, memiliki tujuan jelas dan hati-hati dalam melakukan berbagai hal. Para ahli menemukan jika orang dengan kepribadian ini dapat diandalkan dan mandiri. Tapi sayangnya, beberapa orang menganggap jika pemilik kepribadian ini cukup keras kepala, egois dan obsesif pada dirinya sendiri.

Extroversion

Para pemilik kepribadian ini umumnya ramah, ceria dan bisa bersosialisasi dengan sangat baik. Orang-orang ini juga senang dan nyaman ketika ia menjadi pusat perhatian. Banyak yang menanggap bahwa orang dengan kepribadian ini bermuka dua atau suka mencari perhatian. Meski begitu, orang-orang ini nyatanya sangat baik, bikin orang lain nyaman dan tenang saat bersamanya.

Agreeableness atau Ramah

Ini adalah jenis kepribadian keempat. Orang-orang dengan kepribadian ini dikenal sebagai pribadi yang ramah, penuh percaya diri, jujur dan dapat dipercaya. Orang ini juga memegang teguh kebaikan dalam hidupnya. Beberapa di antaranya sangat taat pada aturan dan norma yang berlaku di masyarakat. Meski mereka biasanya sangat senang bersosialisasi dan membantu banyak orang di sekitarnya, tidak sedikit orang yang menanggapnya terlalu naif atau bermuka dua.

Neurotisisme

Orang dengan kepribadian ini dikenal memiliki semangat yang tinggi, aktif dan kreatif. Meski begitu, di sisi lain mereka sangat rapuh, mudah cemas dan panik pada hal-hal yang belum tentu terjadi. Mereka yang berkepribadian ini cenderung mengalami ketidakstabilan emosi dalam dirinya. 

Itulah sekian jenis kepribadian yang paling utama pada manusia. Dari beberapa kepribadian di atas, mana nih yang jadi kepribadianmu? Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga melalui ini kita bisa mencari potensi pun kelemahan dalam diri kita. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading