Sukses

Lifestyle

Penyebab Mata Kucing Berselaput yang Harus Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah hewan yang biasa dijadikan peliharaan. Banyak orang memelihara kucing karena kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya itu, terkadang tingkah kucing bisa membuat pemiliknya yang sedang bersedih menjadi terhibur.

Namun memelihara kucing perlu komitmen tinggi. Biaya perawatannya tidak bisa dibilang murah, apalagi untuk kucing dengan ras tertentu yang harga jualnya mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Sebagai pemilik kucing yang telah memutuskan untuk memelihara kucing, maka harus siap bertanggung jawab pada hidupnya juga, terutama kesehatannya. Bagaimana jika tiba-tiba mata kucing berselaput?

Ternyata ada hal yang menyebabkan mata kucing berselaput. Berikut penyebab mata kucing berselaput serta penjelasan dan cara mengatasinya.

Penyebab Mata Kucing Berselaput

1. Ulserasi Kornea

Ulserasi atau ulkus kornea dapat terjadi karena banyak alasan, seperti trauma atau benturan benda tumpul pada mata, paparan bahan kimia, atau infeksi. Ulkus di kornea terbentuk ketika epitel, lapisan tipis sel pelindung, mengalami kerusakan. Kemudian, sel-sel inflamasi memasuki stoma, yang menyebabkan mata kucing berselaput.

Tanda-tanda ulserasi kornea pada kucing adalah adanya robekan di bagian depan mata yang tembus pandang. Mata kucing biasanya terlihat merah disertai dengan keluarnya cairan dan pembengkakan. Kucing juga biasanya sering menutup mata dan tampak sensitif terhadap cahaya.

2. Keratitis

Kondisi ini ditandai dengan peradangan dan pembengkakan pada bagian kornea mata. Keratitis dapat dikaitkan dengan sejumlah penyebab sekunder, seperti infeksi dan cedera, atau bisa juga karena infeksi virus herpes.

Seperti kebanyakan kondisi mata, peradangan pada kornea ini dapat membuat iris dan pupil seperti tertutup oleh selaput. Jika penyebab yang mendasarinya tidak segera diobati, penyakit ini bisa fatal bagi kucing

 

Penyebab Mata Kucing Berselaput

3. Katarak

Sama seperti manusia, kucing juga bisa terkena katarak. Namun, katarak pada kucing adalah kasus yang jarang, dan biasanya hanya terjadi pada kucing senior. Lensa di mata kucing bisa menjadi keruh dan cahaya sulit masuk, mengganggu penglihatan dan terkadang menyebabkan kebutaan. 

Berbagai hal bisa jadi penyebab katarak pada kucing. Termasuk genetik, peradangan, atau cedera pada mata. Pada beberapa kasus, kondisi ini bisa diatasi dengan prosedur operasi.

4. Glaukoma

Penyakit ireversibel ini terjadi ketika cairan berair di dalam mata berhenti mengalir dengan baik. Penumpukan cairan ini menyebabkan tekanan pada saraf optik, dan memicu kerusakan saraf. Kerusakan saraf ini dapat membuat penglihatan kucing terganggu. 

Mata yang sehat biasanya menggerakkan cairan (dikenal sebagai aqueous humor) masuk dan keluar dari belakang lensa mata. Jika cairan itu tersumbat, peningkatan tekanan dapat menyebabkan kerusakan pada mata kucing, yang dapat mempengaruhi penglihatan kucing dan menyebabkan ketidaknyamanan. 

Sebagian besar kasus glaukoma pada kucing dapat disebabkan oleh peradangan atau infeksi pada saluran drainase mata, yang memungkinkan tekanan menumpuk di mata yang terkena. Namun, dalam kasus lain penyebab glaukoma dapat berupa peradangan, dislokasi lensa, tumor, atau kerusakan pada mata.

Tanda-tanda glaukoma pada kucing biasanya termasuk mata yang membesar, kornea keruh, mata merah, pupil melebar yang tidak bereaksi dengan baik terhadap cahaya, menyipitkan mata, nyeri di mata, atau keluar air mata.

Agar lebih pasti, sebaiknya segera bawa kucingmu ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan segera sebelum semakin parah.

What's On Fimela
Loading