Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Mata Kucing Belekan yang Bikin Khawatir

Fimela.com, Jakarta Bintik hitam atau adanya kotoran di bagian mata kucing ternyata dapat menjadi salah satu masalah yang serius. Saluran air mata yang tersumbat atau produksi air mta yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan adanya robekan abnormal pada mata kucing dan berujung pada belekan yang mungkin dialaminya. 

Bagi yang merawat kucing tentu akna khawatir jika kucing kesayangannya mengalami masalah atau sakit, tetapi kamu tak perlu khawatir jika kucing mengalami blekan. Kotoran pada mata satu ini juga dapat berasal dari air mata yang terus menerus diproduksi sepanjang hari oleh si kucing. 

Mungkin kamu akan khawatir jika kucing mengalami belekan terus menerus belakangan ini, jika kamu panik dan mengetahui adanya gejala lain tentu perlu membawa kucing ke dokter hewan. Nah, berikut beberapa penyebab kucing mengalami belekan terus menerus yang sering bikin penasaran:

1. Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi saluran pernapasan ternyata dapat menyebabkan kucing mengalami belekan,penyebab satu ini ternyata dapat diketahui adanya virus feline calicivirus. Penyakit pernapasan satu ini dapat menular dan disebabkan oleh bakterim penumonitis, dan protozoa. Selain itu adanya fejala dari infeksi satu ini dapat menjadi masalah yang serius. 

2. Infeksi Mata

Masalah mata satu ini juga dapat disebabkan oleh adanya agen infeksi atau bakteri serta virus dan masalah satu ini juga kerap terjadi pada kucing, selain itu infeksi mata satu ini juga dapat menular pada kucing lainnya. Kucing yang lebih muda biasanya memiliki sistem kekebaln lebih lemah dan dapat tertular oleh kucing lainnya. 

3. Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan peradangan yang terjadi pada lapisan merah muda di area mata, konjungtivitis juga dapat menyebabkan mata kucing menjuadi bengkak dan merah. Selain itu hal ini juga dapat menyebabkan kucing lebih sensitif terhadap cahaya dan kotoran serta dapat muncul adanya lendir di sekitar mata. 

4. Gangguan Kornea

Gangguan kornea yang terjadi pada kucing juga dapat menyebabkan mata belekan, selain itu hal ini juga dapat menyebabkan mata meradang, terluka, atau memborok. Produksi air mata yang berlebihan atau adanya peradangan dapat membuat mata menjadi belekan. 

itulah beberapa masalah yang dapat menyebabkan mata kucing belekan dan mungkin membuatnya tak nyaman yang perlu kamu tahu. Jika menemukan beberapa gejala lainnya ada baiknya untuk periksa ke dokter. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading