Sukses

Lifestyle

Simak Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Tumit Kaki Pecah-pecah

Fimela.com, Jakarta Tumit kaki pecah-pecah merupakan hal yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Kondisi ini juga tergolong ringan. Namun tumit kaki pecah-pecah bisa mengganggu penampilan jika sedang menggunakan sandal. Selain itu, tumit kaki yang pecah-pecah terkadang terasa sakit ketika berjalan.

Tumit kaki yang pecah-pecah biasanya disebabkan karena kulit kaki yang terlalu kering. Kondisi kaki yang terlalu kering bisa membuat tumit kaki jadi retak dan akhirnya pecah-pecah.

Ternyata penyebab tumit kaki pecah-pecah tidak hanya itu saja lho, Sahabat Fimela. Ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab tumit kaki pecah-pecah. Apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Tumit Kaki Pecah-pecah

1. Berat Badan Berlebih

Penyebab tumit pecah-pecah yang pertama adalah berat badan berlebih. Kaki menanggung beban seluruh tubuh. Jadi, berat badanmu yang semakin memberat bisa meningkatkan tekanan pada bantalan lemak di bawah tumitmu. Dalam hal ini, tumit dipaksa untuk mengembang ke samping untuk menopang lebih banyak beban.

2. Kekurangan Asupan Vitamin

Penyebab tumit pecah-pecah berikutnya adalah kurangnya kadar vitamin bagi tubuh. Tanpa beberapa vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya, kulit tidak dapat berfungsi dengan baik dan menjadi kering dan tebal. Tambahkan lebih banyak makanan yang kaya vitamin A, B3, C, E, seng, dan asam lemak omega-3 ke dalam makanan yang kamu konsumsi.

3. Penggunaan Sepatu yang Salah

Penyebab tumit pecah-pecah juga dapat disebabkan karena penggunaan sepatu yang salah. Sepatu dengan punggung terbuka seperti sandal jepit atau sandal biasanya memungkinkan lemak di bawah tumit membesar ke samping dan meningkatkan kemungkinan retak pada tumit.

Sepatu yang tidak pas dan sol yang tipis juga dapat menyebabkan tumit pecah-pecah dan nyeri tumit. Kenakan sepatu dengan tumit tertutup yang memberi penyangga yang tepat. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan ahli penyakit kaki untuk memastikan ukuran sepatumu tepat.

Penyebab Tumit Kaki Pecah-pecah Lainnya

4. Menopause

Menopause ternyata juga bisa menjadi penyebab tumit kaki pecah-pecah. Setelah menopause, beberapa wanita cenderung mengalami "keratoderma", suatu kondisi yang dapat menyebabkan kulit pecah-pecah pada tumit dan bagian tubuh lainnya.

5. Berdiri Terlalu Lama

Kalau kamu punya kebiasaan berdiri terlalu lama, sebaiknya mulai saat ini cobalah untuk mengurangi kebiasaan ini. Hal ini dikarenakan berdiri terlalu lama bisa membuat tumit kakimu pecah-pecah. Berdiri dalam waktu lama, terutama di lantai keras atau kayu dapat memberikan tekanan tambahan pada tumit dan stres pada kulit di area ini.

6. Rutinitas Mandi yang Salah

Mandi ataupun berendam dalam waktu lama dan sangat panas bisa menghilangkan minyak alami dari kulit dan membuatnya terasa kasar dan kering. Selain itu, sabun dan deterjen yang keras dapat merusak pelindung alami kulit. Selalu gunakan air hangat saat mandi, batasi waktu mandimu menjadi 5-10 menit untuk menghindari hilangnya kelembapan lebih banyak, lap kakimu dengan handuk setelah mandi dan pastikan untuk menggunakan pelembab. Lebih baik juga hindari menggunakan sabun yang keras atau produk perawatan kulit yang memiliki aroma.

Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab tumit kaki pecah-pecah. Jika kamu ingin tumit kakimu sehat, maka sebisa mungkin hindari hal-hal yang menjadi penyebabnya ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading