Sukses

Health

5 Manfaat Tak Terduga dari Berjalan Kaki Setiap Hari untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Seperti yang kita tahu bahwa olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. Namun ternyata tak hanya olahraga berat, berjalan kaki setiap hari pun memberi manfaat yang tak terduga. Melansir dari Health Line berjalan dapat meningkatkan kebugaran, mencegah penyakit tertentu, hingga meningkatkan kesehatan mental dan emosional.

Jalan kaki adalah olahraga yang mudah dilakukan dan disesuaikan berdasarkan aktivitas harian tiap orang. Untuk mendapat manfaat kesehatan dari berjalan kaki yang perlu dilakukan hanya konsisten. Lalu apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut ini!

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

National Heart Foundation of Australia mengatakan bahwa berjalan kaki selama 30 menit atau lebih setiap hari mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan mengurangi risiko stroke hingga 35 persen. Selain itu berjalan kaki mampu menjaga berat badan, metabolisme, tekanan darah, dan kolesterol di mana semuanya hal tersebut berpengaruh pada kesehatan jantung.

2. Meningkatkan Mood dan Meredakan Stres

Olahraga memang terbukti berpengaruh pada kesehatan mental, tak terkecuali berjalan kaki. Jalan kaki dapat melepaskan endorfin yaitu zat kimia yang memuat tubuh merasa nyaman dan senang. Studi pada 2018 menemukan bahwa berjalan kaki selama 10 menit per hari terbukti meningkatkan suasana hati.

3. Memperkuat Sendi dan Otot Kaki

Studi menemukan bahwa berjalan dapat mengurangi perkembangan osteoarthritis yaitu salah satu bentuk radang sendi. Dengan berjalan kaki, sendi dan otot kaki akan kuat. Cobalah berjalan di daerah berbukit, naik dan turun anak tangga, atau jalan yang memiliki kemiringan untuk melatih kekuatan otot kaki.

4. Mengontrol Gula Darah

Orang yang berjalan kaki secara teratur setiap hari memiliki risiko 30 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Hal ini karena jalan kaki dapat membantu mengontrol atau menurunkan gula darah. Selain itu berjalan dengan langkah cepat dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 41 persen. Cobalah membuat berjalan kaki santai setelah makan menjadi rutinitas untuk menurunkan risiko diabetes dan obesitas.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Peneliti menemukan bahwa berjalan secara signifikan mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta memberi perubahan positif pada antibodi dan sel darah putih yang membantu tubuh melawan penyakit. Saat berjalan, suhu tubuh akan meningkat dan berkeringat. Peningkatan suhu tubuh selama berjalan dapat mencegah bakteri tumbuh sekaligus memperlambat pelepasan hormon stres. Hal ini dapat membantu tubuh melawan virus dan penyakit yang datang.

Olahraga terbaik adalah olahraga yang dilakukan secara rutin dan konsisten. Tidak masalah seringan apapun bentuk olahraganya, bila dilakukan dengan rutin akan memberi manfaat signifikan bagi kesehatan. Yuk rutin berjalan kaki mulai saat ini!

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

What's On Fimela
Loading