Sukses

Health

10 Manfaat Mengonsumsi Buah Naga Merah untuk Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Buah naga adalah buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, yang dibudidayakan juga di negara Asia, termasuk Indonesia, Malaysia, Taiwan, Vietnam dan Filipina. Awalnya buah naga ini berasal dari kaktus yang berbunga di sore hari, lalu bunganya layu di pagi hari. Bunga dari buah naga ini memiliki nama lain moon flower atau queen of the night.

Tanaman ini menghasilkan buah naga atau Hylocereus undatus. Buah naga memiliki bentuk yang unik, dengan daging yang berwarna merah keungunan atau putih. Buah naga identik dengan isi yang memiliki biji banyak berwarna hitam dan berbentuk kecil.

Buah naga memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi, yaitu vitamin B, vitamin C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin dan antioksidan. Buah naga merah sangat baik untuk kesehatan, karena bisa membantu menjaga keseimbangan kolesterol, bahkan bermanfaat untuk kecantikan. Berikut manfaat buah naga merah:

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

1. Mengontrol Berat Badan

Buah naga memiliki daging yang berwarna merah keunguan ini, sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Buah naga adalah buah yang sangat baik untuk dikonsumsi pejuang diet. Karena buah naga memiliki kandungan yang bisa membantu menahan rasa lapar, menurunkan kolesterol, membuat perut kenyang dan rendah kalori, yang bisa membantu mengontrol berat badan.

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam buah naga merah, bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Sehingga orang yang rajin mengonsumsi buah naga tidak akan mudah sakit. Sistem kekebalan tubuh yang kuat juga bisa membantu mencegah perkembang biakan sel kanker di dalam tubuh.

3. Mencegah Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena kadar gula meningkat. Hal ini terjadi akibat sering mengonsumsi makanan dan minuman yang sangat manis. Buah naga memiliki kandungan gula alami yang sangat rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

4.Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah naga juga memiliki manfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat atau fiber di dalam buah naga merah, bisa membantu melancarkan buang air besar. Sehingga terhindar dari sakit sembelit, kolesterol yang menumpuk dan peradangan usus.

5. Menguatkan Tulang dan Gigi

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan gigi akan semakin berkurang, sehingga tulang dan gigi akan mudah keropos. Buah naga adalah buah yang kaya akan kalsium. Orang yang rajin mengonsumsi buah naga merah akan terhindar dari risiko osteoporosis.

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

6. Mencegah Penuaan

Saat memasuki usia 20tahun keatas, kulit akan mengalami beberapa tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya keriput di wajah, yang menyebabkan rasa percaya diri seseorang menurun. Kandungan vitamin dan antioksidan di dalam buah naga, bisa membantu melindungi kulit agar terhindar dari paparan radikal bebas, yang bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan dini muncul di kulit.

7. Melembapkan

Buah naga memiliki kandungan yang kaya akan vitamin E. Kandungan vitamin E sangat baik untuk mengembalikan kelembapan kulit kering, serta menghaluskan tekstur kulit kering yang kasar.

8. Menghilangkan Jerawat

Selain membantu menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai macam penyakit, buah naga merah juga memiliki manfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung di dalam buah naga, bisa membantu menghilangkan jerawat, mencegah peradangan jerawat dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

9. Mengatasi Iritasi

Buah naga juga bisa membantu menenangkan kulit yang iritasi. Biasaya kulit akan mudah teriritasi, jika terlalu sering terpapar sinar matahari, serta mengalami kemerahan kulit akibat terkena radikal bebas atau reaksi kimia.

10. Mencerahkan

Manfaat terakhir buah naga merah, yaitu membantu mencerahkan kulit yang kusam. Buah naga juga bisa membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan menyamarkan flek hitam yang ada di kulit.

Resep Es Krim Buah Naga

Bahan yang diperlukan:

  • 3 buah naga merah dan blender
  • 7 sdm gula pasir
  • 3 sachet susu kental manis
  • 4 sdm maizena
  • 300ml air
  • 2 sdm SP

Cara membuat es krim buah naga:

  1. Langkah pertama rebus air, gula, susu kental manis sampai mendidih.
  2. Setelah mendidih masukan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air. Kemudian aduk terus hingga mendidih.
  3. Masukan buah naga yg sudah di blender dan aduk sampai rata.
  4. Setelah mendidih, tuangkan adonan es krim kedalam wadah dan dinginkan dalam suhu ruangan.
  5. Setelah dingin, masukan ke dalam freezer semalaman sampai beku. Lalu keruk es krim di hari selanjutnya.
  6. Tim SP dengan air.
  7. Mixer es krim yang sudah dikeruk, campurkan dengan SP.
  8. Bekukan es krim kembali hingga 3 jam.
  9. Lalu setelah itu keluarkan es krim, dan mixer kembali.
  10. Bekukan kembali es krim, dan setelah itu hidangkan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading