Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Perempuan yang Memiliki Mental Kuat

Fimela.com, Jakarta Untuk memiliki mental yang kuat kadang kita harus bisa melewati masa-masa sulit dan terkelam dalam hidup. Kadang kita harus jatuh lebih dulu, untuk bisa mengumpulkan kekuatan baru untuk melangkah ke depan dengan lebih berani. Bahkan kadang kita baru menyadari kalau kita punya mental yang kuat setelah berhasil melewati sebuah ujian hidup.

Kini, saatnya untuk membangkitkan semangat hidup yang lebih besar lagi. Kalau mental yang kuat didefinisikan sebagai kemampuan untuk senantiasa berani melangkah ke depan dalam hidup, maka dirimu punya kehebatan ini dengan melihat lagi kualitas-kualitas diri berikut ini.

 

 

1. Punya Hati Pemaaf

Don't be so hard on yourself, no

Learn to forgive, learn to let go

Everyone trips, everyone falls

So don't be so hard on yourself, no

(Jess Glynne - Don't Be So Hard on Yourself)

Seperti lirik lagi Jess Glynne di atas, kadang kita perlu belajar memaafkan dan melepaskan dalam hidup. Setiap orang pernah gagal dan terjatuh, dan itu bagian dari hidup kita. Selama kita bisa punya jiwa yang pemaaf, maka kita bisa senantiasa bangkit dan melangkah lagi ke depan.

 

 

2. Mampu Berdamai dengan Ketidaksempurnaan

Menjadi kuat bukan berarti tak mengakui kelemahan diri. Justru dengan berani mengenali dan mengakui kelemahan diri, kita bisa memiliki hati yang lebih kuat. Saat kita berdamai dengan ketidaksempurnaan, kita bisa termotivasi untuk memaksimalkan kelebihan kita dan membuat mental kita jadi makin kuat jalani hidup. Sehingga kita bisa selalu menemukan kekuatan baru untuk melangkah ke depan dalam hidup.

 

 

3. Memiliki Pola Pikir Berkembang

Mengutip buku Your Turn: How to Be an Adult, Profesor Carlon Dweck dalam risetnya tentang growth mindset (pola pikir berkembang) memaparkan pentingnya untuk fokus pada upaya yang kita lakukan, alih-alih pada mengejar kesempurnaan semata. Memiliki pola pikir berkembang bisa membantu kita untuk memperkuat mental yang kita punya. Sebab kita terus membuka diri untuk belajar hal-hal baru dan menerima berbagai pengalaman dan kejadian sebagian bagian dari proses pendewasaan diri.

 

 

4. Bisa Mengelola Stres dengan Baik

Stres dan perasaan tertekan tak selalu bisa dihindari dalam hidup. Yang bisa dilakukan agar tidak gampang terpuruk ketika stres adalah memiliki kemampuan mengelola stres dengan baik. Saat kita sudah tahu cara atau metode terbaik dan paling tepat yang bisa kita ambil dalam mengatasi atau menghadapi situasi tak nyaman, maka kita bisa memiliki mental yang lebih kuat.

 

 

5. Berani Tampil sebagai Diri Sendiri

Mengutip buku The Comfort Book, hal paling sulit itu adalah menjadi diri sendiri. Dijelaskan lebih lanjut bahwa kita semua begitu terbebani sehingga kita tidak selalu bisa melihat kenyataan siapakah diri kita. Menjadi diri sendiri memang tak selalu mudah, tapi ketika kita mulai memiliki keberanian untuk menerima diri dengan utuh dan senantiasa berusaha tumbuh dan berkembang jadi pribadi yang lebih bermanfaat dan baik, maka mental kita pun bisa makin kuat seiring waktu berjalan.

Maksimalkan kelebihan dan potensi diri yang dimiliki. Yakinlah di dalam dirimu selalu ada hati yang kuat dan senantiasa menemani langkahmu dan membantumu melewati masa-masa sulit dalam hidup.

#WomenforWomen

Loading