Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri saat Merasa Gagal Menjalani Hidup

Fimela.com, Jakarta Saat mengalami kegagalan berulang kali, rasanya kita seperti sudah tak lagi punya harapan untuk merangkai hidup yang lebih baik. Belum membuat pencapaian yang berarti dalam hidup membuat kita merasa seakan menjadi manusia yang paling tidak beruntung. Ketika merasa gagal menjalani hidup, rasanya semua yang kita lakukan jadi tak ada artinya lagi.

Sebelum makin terpuruk, coba untuk perlahan bangkit. Tegarkan diri lagi dan cobalah untuk melangkah lagi. Agar hati bisa kembali kuat, cara-cara sederhana ini bisa dicoba sebagai langkah awal.

 

 

1. Istirahatkan Diri Sejenak

Mengutip buku The Comfort Book, "Kita tidak harus selalu melakukan sesuatu. Atau mencapai sesuatu. Kita tidak harus mencurahkan waktu luang kita secara produktif. Kita tidak harus berlatih Tai chi dan keterampilan bertukang dan memanggang roti. Kadang-kadang kita boleh hanya diam merasakan berbagai hal dan melwati hari dan ngemil keripik dan tetap hidup, dan itu saja sudah lebih dari cukup." Saat merasa gagal dalam hidup mungkin yang sebenarnya terjadi adalah kamu sedang sangat lelah. Sehingga, yang kamu butuhkan adalah istirahat. Meluangkan waktu beristirahat bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengisi ulang energi dan kekuatan diri melangkah lagi.

 

 

2. Tata Ulang Sesuatu

Kegiatan menata ulang sesuatu atau merapikan barang-barang bisa bantu hadirkan perasaan yang menyenangkan. Saat kita menata atau merapikan sesuatu, ada kesan semua yang ada di dalam benak dan pikiran kita ikut tertata rapi kembali. Perasaan gagal bisa pudar saat kita bisa memberanikan diri untuk menata ulang sesuatu yang berantakan menjadi rapi kembali.

 

 

3. Bersikap Lebih Lembut kepada Diri Sendiri

Selama ini kamu sudah berusaha dan berjuang dengan sangat keras. Apresiasi dan hargai semua usaha yang sudah kamu lakukan dengan baik saat ini. Bersikaplah lebih lembut kepada diri sendiri. Saat kita bisa kembali berkawan dengan diri sendiri, kekuatan baru bisa muncul dengan sendirinya di dalam diri untuk melangkah ke depan.

 

 

4. Kembali Tekuni Hal yang Disukai

Mungkin sesuatu yang sedang kamu upayakan belum berbuah manis. Mungkin ada kegagalan yang terjadi berulang lagi. Semua hal tak menyenangkan yang terjadi dalam hidup tak perlu diratapi berlebihan. Cobalah untuk mengimbanginya dengan melakukan hal-hal yang masih kamu sukai. Menekuni kembali hal yang disukai bisa hadirkan makna baru dalam hidup.

 

 

5. Bangun Kembali Pola Hidup Sehat

Atur kembali jadwal tidur yang lebih teratur dan cukup. Miliki kebiasaan makan dan berolahraga yang lebih baik. Membangun kembali pola hidup yang lebih sehat bisa hadirkan semangat yang lebih besar untuk menjalani hidup. Bahkan kebaikan-kebaikan yang menyertai pola hidup sehat yang kita jalani bisa membuat kita makin menghargai hidup yang kita punya.

Yuk, coba kembali tersenyum. Sambut lagi hari yang baru dengan harapan dan usaha yang baru. Yakin saja masih ada hal-hal baik yang akan terjadi dalam hidup.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading