Sukses

Lifestyle

5 Cara Kuatkan Diri saat Pilihan Hidupmu Dicibir Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Punya pilihan hidup yang berbeda mungkin akan membuatmu dipandang remeh oleh orang lain. Apalagi ketika kehidupan dan kesuksesan hidupmu dibanding-bandingkan dengan orang lain, dirimu mungkin akan makin terpojok karena merasa "tidak ada apa-apanya" dibandingkan mereka. Namun, bukan berarti kamu tak bisa bahagia dengan pilihan hidupmu sendiri.

Kamu pun bisa tetap berusaha untuk tetap tegar menjalani hidupmu sendiri. Ada hati dan jiwa yang lebih tegar di dalam dirimu. Tanda-tandanya bisa dilihat dari sejumlah hal berikut ini.

 

 

1. Apresiasi Perjalanan Hidupmu Hingga Saat Ini

Kamu tak pernah menyesali pilihan hidup yang kamu ambil. Setiap pilihan dan keputusan yang kamu ambil senantiasa menghadirkan hikmah dan pelajaran sendiri dalam hidup. Cobalah untuk menghargai dan mengapresiasi hidupmu sendiri, karena dengan begini kamu bisa punya semangat untuk menjalani keseharian dengan sudut pandang yang lebih positif lagi.

 

 

2. Hadirkan Kepuasan Batin Sendiri

Pilihan hidupmu berbeda dari orang lain karena kamu punya standar kebahagiaan dan kesuksesan sendiri. Di sini kamu bisa menghadirkan kepuasan batinmu sendiri. Sesederhana apa pun hal yang sedang kamu kerjakan atau tekuni, selama itu bisa membuatmu merasa hidupmu bermakna maka yakinlah hidupmu punya keindahannya sendiri.

 

 

3. Saring Ucapan yang Didengar

Cibiran atau kata-kata yang cenderung menjatuhkan dari orang lain tak perlu didengar. Tutup saja telingamu dari kata-kata yang hanya akan melemahkan mental. Lalu, fokus untuk melakukan hal-hal yang kamu yakini bisa membuat hidup jadi terasa lebih bermakna.

 

 

4. Buat Pencapaian yang Bermakna

Buat dan raih pencapaianmu sendiri. Tak usah mengukur atau menakarnya dengan perbandingan pencapaian orang lain. Cukup fokus melakukan hal-hal yang bisa menghadirkan makna dalam hidupmu. Saat ada pencapaian bermakna yang bisa kamu hasilkan sendiri, maka kamu tak akan mudah jatuh atau rendah diri ketika ada yang memandang remeh dirimu.

 

 

5. Perkuat Keyakinan bahwa Hidupmu Indah

Yakini saja semua hal yang terjadi dalam hidup adalah hal yang baik untukmu. Perkuat keyakinan bahwa hidupmu indah dan bermakna dengan apa adanya. Pilihan hidup yang kamu buat dan ambil sudah bisa kamu pertanggung jawabkan dengan sebaik mungkin. Sehingga kamu tak perlu merasa kalah atau minder saat jalan hidupmu dianggap kurang sempurna.

Hati dan jiwamu bisa lebih tegar dari yang pernah kamu kira. Semoga pilihan hidup yang kamu ambil dan buat ini bisa mendatangkan lebih banyak kebaikan dan manfaat juga.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading