Sukses

Lifestyle

Cara Mengendalikan Emosi Melalui Kebiasaan Sederhana yang Bisa Kamu Terapkan Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Manusia adalah makhluk yang memiliki emosi ketika merasakan sesuatu. Misalnya ada sesuatu hal yang membuat kita marah, maka dalam waktu dekat kamu akan merasakan emosi marah.

Di era internet seperti ini, rasanya jadi lebih mudah untuk membangkitkan rasa marah. Melihat sesuatu di internet atau membaca komentar pada suatu postingan yang tidak sesuai dengan kehendakmu, pasti akan jadi lebih mudah tersulut emosi. Jika sudah demikian, kamu jadi sulit mengendalikan diri dan tiba-tiba marah-marah sendiri pada orang asing yang baru saja kamu lihat di internet.

Emosi atau perasaan marah seringkali meninggalkan rasa tidak nyaman dalam diri. Tidak jarang setelah marah-marah bukannya merasa lega justru merasa tidak tenang. Bisa juga kamu merasa bersalah karena memarahi orang lain hanya karena kamu telanjur emosi.

Jika kamu ingin hidup lebih tenang, maka cobalah untuk mengendalikan emosimu, terutama emosi marah. Memang cukup sulit, namun bukan berarti tidak mungkin. Kamu bisa mencoba cara mengendalikan emosi yang bisa kamu coba dan jadikan kebiasaan sehari-hari berikut ini.

Coba Cara Mengendalikan Emosi Berikut Ini

1. Berkumpul dengan Teman

Berkumpul dengan teman memang terdengar hal yang sederhana dan mudah dilakukan, namun ternyata cara ini cukup efektif untuk mengendalikan emosi. Dengan bersosialisasi, kamu jadi mengalihkan emosi negatif yang kamu rasakan menjadi energi positif ketika berkumpul dengan teman-temanmu. Namun pastikan juga kalau kamu punya lingkungan pertemanan yang baik dan senantiasa mendukungmu dalam hal yang positif ya, Sahabat Fimela.

2. Me Time

Cobalah untuk fokus pada diri sendiri dengan cara memperbanyak me time. Misalnya dengan berolahraga, bermain bersama hewan kesayangan dan melakukan kegiatan yang kamu sukai. Dengan begitu, kamu bisa mengalihkan emosi yang kamu rasakan menjadi kegiatan atau hal yang positif.

3. Pergi Sebentar

Jika ada suatu hal yang tiba-tiba membuatmu emosi, coba untuk pergi sebentar. Hindari hal tersebut dan kembalilah ketika kamu sudah merasa cukup membaik. Kamu juga bisa mencoba melakukan suatu kegiatan untuk mengalihkan perhatianmu agar tidak sepenuhnya tertuju pada kemarahan yang kamu rasakan.

Melakukan Meditasi Juga Bisa Jadi Cara Mengendalikan Emosi

4. Meditasi

Meditasi adalah aktivitas yang bertujuan untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Dengan bermeditasi, kamu juga bisa berlatih mengatur nafasmu. Jika kamu sudah bisa mengatur nafasmu, lama kelamaan kamu juga bisa mengendalikan emosi yang kamu rasakan.

5. Menulis

Jika sedang emosi, cobalah untuk menahannya dan tidak langsung meluapkan emosi tersebut. Kalau kamu merasa tidak mampu menahannya, coba tuangkan emosimu ke dalam tulisan. Kamu tidak perlu berpikir keras, tinggal tuliskan saja apa yang sedang ada dalam pikiranmu dan apa yang sedang kamu rasakan. Menulis bisa membuatmu lebih tenang dan emosimu jadi lebih terkendali.

Emosi yang terkendali bisa membuat hidup lebih tenang dan nyaman. Mampu mengendalikan emosi juga bisa membuatmu menjadi seseorang yang lebih baik. Yuk coba praktikkan, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading