Sukses

Lifestyle

Beberapa Hal Penyebab Cegukan yang Sering Tidak Disadari dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang tidak pernah mengalami cegukan? Cegukan adalah kondisi yang sudah umum dan dialami oleh banyak orang. Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik.

Cegukan biasanya terjadi karena kurang minum atau jumlah air yang masuk ke tubuh masih jauh dari jumlah minimal, jadi tubuh merasa dehidrasi kemudian tubuh memberikan kode agar jumlah air yang masuk bisa ditingkatkan.

Ternyata cegukan bisa terjadi karena beberapa hal. Makan atau minum yang terlalu cepat, perubahan suhu di kerongkongan, bahkan emosi berlebihan juga bisa menyebabkan cegukan.

Cegukan memang menyebalkan karena sangat mengganggu terutama ketika kita ingin berbicara. Nah ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cegukan. Yuk disimak.

Penyebab Cegukan yang Sering Tidak Disadari

1. Makan Terlalu Banyak atau Terlalu Cepat

Mengunyah makanan terlalu cepat ternyata bisa jadi penyebab cegukan. Kemungkinan kamu tidak mengunyah makananmu dengan sempurna sehingga ukuran makananmu tidak dapat diolah perut dengan baik. Makan terlalu banyak juga bisa mengganggu perut sulit melakukan gerakan pencernaan. Hal ini akhirnya bisa mengganggu kerja diafragma.

2. Minum Minuman Bersoda

Minuman berkarbonasi bisa menyebabkan efek yang menyegarkan namun beberapa orang bisa merasa cepat cegukan atau bersendawa. Pada dasarnya cegukan ini disebabkan karena ada kantong-kantong udara dari minuman bersoda bisa menyebabkan diafragma cenderung lebih sering berkontraksi tanpa kita sadari. Biasanya cegukan ini akan berhenti sendiri tanpa diperlukan pengobatan.

3. Makan Makanan yang Terlalu Panas atau Dingin

Konsumsi makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin dalam waktu bersamaan akan memicu cegukan. Perubahan suhu yang terjadi dalam saluran pencernaan dapat membuat respon otot dan otak menjadi berbeda. Bahkan perubahan suhu luar yang terjadi di luar sistem pencernaan tubuh juga bisa memicu cegukan.

4. Makan Makanan Pedas

Makan makanan yang pedas ternyata juga dapat menyebabkan cegukan. Hal ini dikarenakan cabe memiliki senyawa yang dapat membuat kontraksi lebih cepat di bagian tenggorokan. Jadi tidak heran kalau kamu akan cegukan setelah makan makanan yang pedas.

5. Merokok

Kebiasaan merokok atau menghirup asap rokok ternyata juga bisa menyebabkan cegukan lho, Sahabat Fimela. Saat tubuh menghisap asap rokok melalui organ pernafasan, setelah itu diafragma akan berkontraksi secara cepat. Hal inilah yang kemudian memicu cegukan. Cegukan saat merokok lebih sulit hilang daripada penyebab cegukan lain karena kondisi organ pernafasan sudah bercampur dengan asap rokok dan nikotin.

Cara Mengatasi Cegukan

1. Minum Air Putih

Cara ini sudah dilakukan oleh banyak orang dan memang terbukti mampu mengatasi cegukan. Apalagi jika penyebab kamu mengalami cegukan adalah karena kamu makan terlalu cepat.

2. Menahan Nafas

Banyak juga yang menyarankan untuk menahan nafas untuk mengatasi cegukan. Cobalah untuk menahan nafas di sela cegukan dan hitung hingga 5 atau 10 kali. Cara ini juga dipercaya sangat efektif karena bisa memberikan rongga udara pada bagian perut dan meredakan cegukan.

3. Menutup Telinga atau Hidung

Cobalah minum air secara perlahan-lahan sambil menutup telinga dan lubang hidung. Banyak juga yang meyakini cara ini cukup berhasil untuk mengatasi cegukan.

4. Pijat Leher

Putar kepala ke kiri sambil berbaring, kemudian pijat pembuluh darah dari arah kanan leher dengan gerakan memutar. Memijat pembuluh darah pada leher, bisa dilakukan selama 5 hingga 10 detik. Ulangi gerakan agar cegukan bisa sembuh.

5. Pijat Telapak Tangan

Tekan telapak tangan dengan menggunakan ibu jari, atau menekan bagian bawah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk. Jika pada saat menekan telapak tangan terasa sakit, artinya sistem sarafmu sedang mengalami gangguan. Sehingga pijatlah telapak tanganmu beberapa kali agar sembuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading