Sukses

Lifestyle

7 Tips Menyiapkan Hadiah Natal Sesuai Budget Tanpa Bikin Bangkrut

Fimela.com, Jakarta Libur Natal hampir tiba! Kini hanya tinggal menghitung hari hingga musim perayaan dimulai. Perayaan Natal merupakan salah satu perayaan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Setelah hampir 3 tahun diterpa pandemi, membuat semua orang yang merayakan Natal tentunya ingin menjadikan momen Natal tahun ini spesial dengan berkumpul bersama kerabat dan orang terkasih. Setiap keluarga yang merayakan Natal, pastinya sedang memutuskan bagaimana cara mereka mengatur budget atau pengeluaran untuk Natal tahun ini.

Salah satu hal atau tradisi yang paling menyenangkan terkait hari Natal adalah saat bangun di pagi Natal dan menemukan kaus kaki hadiah Natal penuh dengan barang dan hadiah. Tradisi ini terkadang membuat sebagian keluarga terkendala dikarenakan membutuhkan biaya yang cukup banyak dalam proses persiapannya. Namun, perlu diketahui bahwa menyiapkan hadiah di dalam kaus kaki Natal ternyata tidak perlu dengan merogoh kocek yang banyak.

Memiliki budget atau anggaran pengeluaran yang lebih ketat untuk menyiapkan hadiah natal yang akan diisi pada kaus kaki Natal tidak harus membuatmu merasa dibatasi terkait apa yang dapat dibeli. Dengan memiliki anggaran budget Natal yang lebih ketat ini, seseorang akan menjadi melakukan lebih banyak pertimbangan mengenai hadiah yang cocok dan kiranya bermanfaat.

Untuk membantu mempersiapkan hadiah menjelang Natal, seorang ekspert keuangan yakni Brean Horne dari NerdWallet membagikan beberapa tips terbaik yang dapat dilakukan bagi mereka yang ingin merayakan Natal dengan budget hemat:

 

 

 

1. Berbelanja di Toko Hemat

Tempat terbaik untuk memulai ketika membeli hadiah yang akan diisi ke dalam kaus kaki Natal adalah toko hemat yang menjual barang berkualitas namun ramah di kantong yang ada di daerah sekitar. Dengan membeli di toko seperti ini, tentunya dapat membantumu dalam mencari beberapa barang murah yang dapat dimasukkan ke dalam kaus kaki Natal. Contoh barang untuk dijadikan hadiah ini dapat berupa masker wajah, cat kuku, aksesori rambut, seni dan kerajinan, dan mainan yang pastinya memiliki harga terjangkau.

 

2. Hadiah DIY

Selain cocok untuk menekan pengeluaran, hadiah buatan tangan sendiri tentunya jauh lebih berkesan dan bermakna karena menunjukkan usaha dan kerja keras dari si pemberi hadiah. Ada banyak inspirasi di situs online seperti video tutorial yang dapat membantumu menemukan hadiah yang sempurna untuk dibuat sendiri. 

Ada banyak cara untuk membuat hadiah DIY khusus Natal, seperti merajut topi dan syal yang nyaman, membuat gelang atau kalung dari manik gemerlap, memasak suguhan pesta yang lezat, atau membuat lilin beraroma. Jika ingin memberikan hadiah DIY, pastikan menyiapkannya dari jauh hari sebelum Natal tiba karena hadiah ini memerlukan lebih banyak waktu untuk dibuat.

3. Suguhan Kuliner yang Meriah

Siapa yang tidak suka menemukan hadiah makanan di dalam kaus kaki Natalnya pada pagi Natal? Kue atau camilan lezat dapat menjadi hadiah murah di kaus kaki Natal yang cocok untuk menekan biaya pengeluaran. Jika keluargamu hanya memiliki sedikit anggota yang perlu diberikan hadiah di dalam kaus kaki Natal, akan lebih efektif jika memblikan permen atau cokelat dalam jumlah besar.

Kaus kaki Natal juga dapat diisi dengan koin cokelat yang selalu menjadi camilan dalam acara Natal. Hot chocolate bombs juga dapat menjadi pilihan hadiah yang akan diisi ke dalam kaus kaki Natal jika menginginkan sesuatu yang unik dan berbeda.

 

4. Ubah Barang Penting Menjadi Hadiah

Jika mengetahui bahwa seseorang yang akan diberikan hadiah sedang membutuhkan sesuatu hal yang penting, seperti kaus kaki, perlengkapan mandi, alat tulis, atau botol air minum baru, pertimbangkan untuk menjadikan barang-barang praktis ini sebagai hadiah Natal. Dengan memberikan barang-barang di atas sebagai hadiah pada kaus kaki Natal akan membantu menghemat budget pengeluaran untuk Natal.

5. Hadiah yang Besar

Cara terbaik lainnya untuk menghemat pengeluaran Natal adalah mengisi hadiah dengan barang yang besar untuk membuatnya terlihat lebih penuh dan tentunya tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Barang besar murah yang dapat menjadi pilihan untuk hadiah Natal adalah bath bombs, termos air panas, buku, mainan, boneka, mug, atau lilin. 

 

6. Tak Perlu Menggunakan Kertas Kado

Meskipun membuka bungkus kado di pagi Natal sangat menyenangkan, pertimbangkan untuk tidak membeli pembungkus (kertas) kado khususnya untuk hadiah di kaus kaki Natal untuk menghemat budget. Biarkan hadiah tidak terbungkus karena kaus kaki Natal sudah dapat menjadi pembungkus yang mampu menyembunyikan barang di dalamnya. Menghindari penggunaan kertas kado juga dapat membantu mengurangi sampah dan meringankan pekerjaan membersihkan ruangan dari kertas kado yang berserakan.

 

7. Manfaatkan Diskon Musiman

Menjelang Natal, banyak toko yang menawarkan diskon besar-besaran termasuk untuk barang yang cocok dijadikan hadiah di kaus kaki Natal. Manfaatkan diskon ini dalam membeli hadiah untuk mengehmat budget.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading