Sukses

Lifestyle

Salt Bae Banjir Kecaman usai Pegang dan Cium Trofi Piala Dunia di Selebrasi Argentina

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini, salah satu koki terkenal asal Turki, Nusr-et Gokce atau yang dikenal sebagai Salt bae dibanjiri kecaman oleh para pecinta sepak bola di seluruh dunia. Celebrity chef tersebut dikecam karena ikut menyentuh dan mencium trofi Piala Dunia 2022.

Salt Bae terlihat memegang dan mencium trofi Piala Dunia di momen selebrasi juara Argentina, Minggu (18/12).  Padahal trofi Piala Dunia dianggap sakral, tak sembarang orang boleh menyentuhnya.

Berdasarkan regulasi FIFA, trofi Piala Dunia asli hanya boleh disentuh dan dipegang oleh sekelompok orang terpilih seperti pemain, tim official, petinggi negara juara dunia, mantan pemenang Piala Dunia, dan petinggi FIFA.

“Sebagai salah satu simbol olahraga paling dikenal di dunia dan ikon yang tak ternilai harganya, Trofi Piala Dunia FIFA yang asli hanya dapat disentuh dan dipegang oleh sekelompok orang yang sangat terpilih, termasuk mantan pemenang Piala Dunia FIFA dan kepala negara,” bunyi aturan FIFA.

 

Dikecam Publik

Hal tersebut tentu membuat para pecinta sepakbola geram. Salt Bae pun menjadi buah bibir di akun Instagram pribadinya yang mengunggah foto dirinya bersama trofi Piala Dunia. 

Sebagian besar netizen juga mempertanyakan alasan keberadaan Salt Bae yang tidak ada hubungannya dengan Lionel Messi Cs di sela-sela perayaan gelar juara tim Argentina.

“Mereka telah bekerja keras untuk memperebutkan trofi itu. Seharusnya Anda tak boleh menyentuhnya,” tulis seorang netizen.

“Anda tidak bisa menyentuh piala tersebut jika Anda bukan pemain tim juara dunia,” timpal lainnya.

Beberapa jurnalis pun menanyakan tanggung jawab FIFA atas insiden tersebut. Mereka meminta FIFA melakukan klarifikasi atas kontroversi tersebut.

“Itu tidak masuk akal, siapa yang membiarkan Salt Bae masuk ke lapangan? Setidaknya Messi harus menyadari bahwa orang ini ingin mencuri momen kejayaanya,” kata jurnalis Brasil, Andre  Noruega, dikutip The Times.

Salt Bae bukan satu-satunya selebritas yang melanggar tradisi FIFA tersebut. Pada 2014, penyanyi Rihanna juga sempat dikritik karena menyentuh trofi piala dunia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading