Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Gampang Cemas Menjalani Hidup

Fimela.com, Jakarta Masalah dan tantangan baru akan senantiasa hadir dalam hidup. Bahkan makin bertambah usia, makin banyak hal baru yang perlu dihadapi dengan kemampuan sendiri. Berbagai masalah yang datang silih berganti pun bisa memicu rasa cemas berlebihan dalam diri.

Agar tidak gampang cemas dalam menjalani hidup, ada sejumlah cara yang bisa dicoba. Berikut ini sejumlah strategi sederhana yang bisa dicoba untuk bantu redakan rasa cemas berlebihan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Buat Periode Cemas

Melansir laman helpguide.org, salah satu cara yang bisa dicoba untuk bantu atasi cemas berlebihan adalah membuat periode cemas. Jadi, kita bisa membuat semacam jadwal dan tempat khusus untuk cemas. Misalnya, setiap pagi kita mengizinkan diri untuk cemas dari pukul 05.30-05.45 dengan berdiri menghadapi jendela untuk membiarkan semua rasa cemas hadir. Selam periode ini, kamu bisa membiarkan dirimu cemas sepuasnya. Tapi setelah waktu habis, kamu perlu sudah lebih siap menjalani hari dengan perasaan yang lebih baik.

 

 

2. Tuliskan Hal-Hal yang Membuat Cemas

Suara di dalam kepala bisa terasa sangat riuh saat kita cemas. Untuk meredakannya, kita perlu menuangkannya. Bisa melalui tulisan atau membuat coretan di buku untuk menuangkan semua hal yang sedang dipikirkan dan dirasakan. Dengan begini, pikiran bisa lebih jernih dan rasa cemas berkurang.

 

 

3. Temukan Jalan Keluarnya Bila Memungkinkan

Saat rasa cemas melanda, coba cek dan perhatikan kembali apakah ada jalan keluar atau solusi terbaik untuk mengatasi rasa cemas tersebut. Kalau bisa dicari jalan keluarnya, cobalah untuk mengambil langkah yang terasa lebih mudah lebih dulu. Kalau belum ketemu jalan keluarnya, terima saja ketidakpastian yang ada lebih dulu.

 

 

4. Gerakkan Tubuh

Saat cemas berlebihan, isi pikiran bisa terasa sangat rumit. Segalanya menumpuk jadi satu. Agar tidak makin jenuh dan tertekan, bisa coba untuk gerakkan tubuh. Menggerakkan tubuh melalui jalan kaki, olahraga, melakukan gerakan yoga, atau sekadar stretching bisa bantu memutuskan siklus rasa cemas. Sehingg bisa membantu kita untuk lebih fokus pada masa kini daripada mencemaskan hal-hal yang belum pasti.

 

5. Latihan Pernapasan

 

Cobalah untuk melatih dan menyadari napas lebih baik lagi. Saat rasa cemas melanda, kadang rasa gelisah membuat napas kita tidak teratur. Saat napas tidak teratur, rasa cemas bisa makin meningkat. Sehingga dengan mencoba untuk latihan pernapasan yang lebih baik lagi, harapannya diri bisa lebih tenang dan cemas berlebihan bisa dicegah.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba agar tidak gampang cemas berlebihan dalam menjalani hidup. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading