Sukses

Lifestyle

Tips Mencabut Bulu Ayam dengan Mudah dan Cepat di Rumah

Fimela.com, Jakarta Daging ayam menjadi salah satu bahan makanan paling favorit sebagai besar masyarakat Indonesia. Cita rasanya yang lezat dan nutrisinya yang banyak, rasanya sulit untuk menolak daging ayam. Mengutip dari laman healtline.com, daging ayam bahkan dinilai mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh dengan baik. 

Untuk mendapatkan nutrisi terbaik dari daging ayam, kebanyakan orang akan memilih ayam kampung. Ayam kampung dinilai lebih sehat dan rendah lemak. Sayangnya, saat hendak mengolah ayam kampung, tidak jarang kita harus memotong dan membersihkan ayam kampung sendiri di rumah. 

Lantas, bagaimana tips untuk membersihkan dan mencabut bulu ayam? Simak yang berikut ini.

Tips Mencabut dan Membersihkan Bulu Ayam

Ada beberapa tahapan untuk membersihkan dan mencabut bulu ayam.  Simak tipsnya yang berikut ini. 

  • Rebus air hingga cukup panas mendekati mendidih sebelum ayam dipotong. 
  • Setelah ayam dipotong, tuang air panas di bak atau wadah khusus. Celupkan ayam yang telah dipotong ke dalam air kira-kira selama 10 - 20 detik. 
  • Angkat ayam dari air panas kemudian mulai cabut bulu ayam. Mencelupkan ayam ke dalam air panas akan membuat bulu ayam lebih mudah dicabut. Namun ingat, jangan terlalu lama mencelupnya, ini bisa membuat kulit ayam melepuh dan bulu ayam justru sulit dicabut. 
  • Sambil mencabut bulu ayam, siram ayam dengan air panas sisa atau air bersih biasa. Laukan pencabutan bulu ayam hingga bersih. 
  • Bersihkan juga isi dalam perut ayam. Potong kuku dan paruh ayam agar daging ayam makin bersih. 
  • Untuk sisa bulu ayam yang kecil atau lembut, panggang ayam di atas bara api. Proses memanggang ini akan membantu membersihkan bulu ayam. Ini juga akan membuat cita rasa ayam menjadi lebih sedap serta rendah lemak. 
  • Cuci bersih daging ayam yang telah dipanggang, kemudian olah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. 

Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading