Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Tertekan saat Hidupmu Belum Ada Kemajuan

Fimela.com, Jakarta Dalam menjalani hidup, kadang kita dihadapkan pada fase yang terasa stagnan. Belum ada kemajuan. Rasanya semua yang diperjuangkan belum memberikan hasil sesuai harapan dan keinginan. Bahkan rasa cemas makin sering menghantui karena masa depan terasa makin buram.

Kini, coba luangkan waktu untuk tenangkan diri. Menghadapi hidup yang terasa belum ada kemajuan memang berat, tapi bukan berarti kita jadi tenggelam dalam rasa takut berlebihan. Agar tidak makin tertekan, coba cara-cara berikut ini untuk kembali kuatkan dirimu.

 

 

1. Hargai Usaha Sendiri

"To succeed, you have to be willing to do something and be very bad at it for a while. You have to look bad before you can look really good." – Barbara DeAngelis

Saat ini mungkin kamu sebenarnya dalam proses untuk menjadi lebih baik. Untuk bisa mendapatkan sesuatu, ada perjuangan dan lika-liku panjang yang perlu ditaklukkan lebih dulu. Hidup yang terasa belum ada kemajuan bisa jadi sebenarnya sedang memberimu kesempatan untuk mengasah kemampuanmu untuk bertahan di masa-masa sulit.

 

 

2. Terima Masa Kini Apa Adanya

"Life is a series of natural and spontaneous changes. Don't resist them; that only creates sorrow. Let reality be a reality." -Lao Tzu

Sebelum makin overthinking dengan semua kemungkinan terburuk yang akan terjadi dalam hidup, cobalah untuk melapangkan hati lebih dulu. Terima masa kini apa adanya lebih dulu. Realitas yang ada saat ini perlu diterima dengan tangan terbuka. Dengan begitu, kamu tak akan makin membebani diri dengan kecemasan berlebihan soal masa depan.

 

 

3. Semua yang Sedang Dialami Menempa Mentalmu Lebih Kuat Lagi

"And once the storm is over, you won't remember how you made it through, how you managed to survive. You won't even be sure whether the storm is really over." - Haruki Murakami, 'Kafka on the Shore', 2002

Hari-hari berat yang sedang kamu alami saat ini bisa jadi merupakan bagian proses pendewasaandiri untuk menempa mentalmu jadi lebih kuat lagi. Di balik hidup yang tampak belum ada kemajuan, ada akar di dalam dirimu yang sedang diperkuat. Sehingga ke depannya ketika kamu sudah siap mendapatkan sesuatu, kamu sudah benar-benar bisa menjaganya dengan baik.

 

 

4. Sadari bahwa Kesempatan untuk Tumbuh Selalu Ada

"When things are bad, we take comfort in the thought that they could always get worse. And when they are, we find hope in the thought that things are so bad they have to get better." – Malcolm S. Forbes

Hari-hari baik dan buruk akan datang silih berganti. Ujian dan cobaan hidup memang bisa membuatmu merasa terpuruk, tapi yakinlah kesempatan untuk terus tumbuh dan berkembang selalu ada. Jaga harapan hidup terus menyala.

 

 

5. Terus Lakukan Semua Hal Sebaik Mungkin

"Life has many ways of testing a person's will, either by having nothing happen at all or by having everything happen all at once." - Paulo Coelho, 'The Winner Stands Alone', 2008

Tetap tekuni hal yang kamu suka. Jalani rutinitas yang membuat hidupmu terasa bermakna. Lakukan hal-hal yang masih bisa kamu kerjakan dengan sebaik mungkin. Selangkah demi selangkah teruslah gapai tujuanmu. Sedikit demi sedikit selesaikan urusanmu. Yakini semua usahamu saat ini akan menghadirkan sesuatu yang bermakna dalam hidup.

Semoga kamu bisa tetap tersenyum ya menjalani hidupmu. Yakin saja kamu memiliki hati dan jiwa yang kuat untuk melalui ini semua.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading