Sukses

Lifestyle

Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk Jadi Tegak

Fimela.com, Jakarta Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat.

Penampilan bisa dilihat dari pakaian yang kamu kenakan, sepatu maupun riasan makeup atau gaya rambutmu. Pakaian yang kamu gunakan pun bisa jadi menarik kalau kamu mengenakan pakaian yang sesuai, baik sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan atau sesuai warnanya.

Tahukah kamu kalau postur tubuhmu ternyata juga bisa berpengaruh pada penampilanmu. Coba perhatikan di cermin, bandingkan ketika postur tubuhmu membungkuk dan ketika tegak. Terlihat kan perbedaannya?

Selain mempengaruhi penampilan, postur tubuh juga bisa berkaitan dengan kesehatan tubuhmu. Postur tubuhmu juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Lalu bagaimana sih mengubah postur tubuh yang bungkuk menjadi tegak? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Memperbaiki Postur Tubuh

1. Tidur telentang

Tidur telentang dengan kasur yang kokoh dan rata bisa menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk. Pasalnya, hal tersebut dapat memungkinkan tubuh kembali ke ‘pengaturan awal’ dan membuat otot-otot jadi lebih rileks.

2. Duduk dengan tegak dan kaki menyentuh lantai

Duduk tegak terlalu lama memang awalnya melelahkan dan sulit, namun jika terbiasa melakukannya hal tersebut tidaklah susah. Terlebih lagi dampaknya sangat baik bagi postur tubuhmu. Usahakan saat duduk, kedua kakimu menyentuh lantai, ya. Jika tidak, kamu bisa gunakan balok atau kursi kecil sebagai penyangga. Usahakan kedua bahu mu juga rileks.

3. Gunakan bantal yang sesuai

Selain alas tidur, kamu juga perlu memperhatikan bantal sebagai cara memperbaiki postur tubuh. Posisikan bantal mu di bawah kepala dengan nyaman, jangan terlalu tinggi ataupun rendah. Pilihlah bantal dengan ketebalan yang memungkinkan kepala mu berada dalam posisi normal.

4. Membatasi penggunaan sepatu high heels

Menggunakan sepatu hak tinggi untuk menunjang penampilan memang tak ada salahnya, namun pastikan kamu membatasinya, ya. Semakin tinggi hak sepatu yang kamu pakai, maka semakin sebentar pula batas waktu penggunaannya.

Tekanan high heels ini mendorong pangkal tulang belakangmu ke depan yang membuat punggung mu melengkung. Alhasil terjadilah tekanan pada saraf yang menyebabkan rasa sakit di punggung.

5. Batasi penggunaan gadget

Kebiasaan menatap layar gadget selama berjam-jam dapat berdampak kurang baik pada postur tubuhmu, lho. Oleh sebab itu, sebaiknya batasi penggunaan gadget sebagai cara memperbaiki postur tubuh agar tidak bungkuk. Sesekali berjalan-jalanlah sebentar atau meregangkan tubuh supaya lebih rileks dan otot tidak tegang.

Perbaiki Postur Tubuh dengan Yoga

1. Upward facing dog

Gerakan pertama adalah upward facing dog. Pose upward facing dog ini bisa membantu membuka bahu dan dada serta memperkuat tulang belakang. Cara memperbaiki postur tubuh dengan gerakan tersebut adalah:

  1. Posisikan tubuh tengkurap di atas matras atau kasur.
  2. Letakkan kedua telapak tangan tertekuk menempel matras di sisi pinggang.
  3. Angkat badan dengan meluruskan lengan ke atas dan tarik bahu ke belakang. Pastikan lengan tegak lurus dengan lantai.
  4. Jangan sampai paha, lutut, dan pinggang menyentuh matras. Yang boleh menempel matras hanyalah telapak tangan, jari dan jempol kaki, serta sedikit punggung kaki.
  5. Tahan posisi tersebut selama 2-4 kali napas panjang.
  6. Turunkan tubuh, kemudian ulangi hingga 2-3 kali.

2. Child’s pose

Cara memperbaiki postur tubuh berikutnya ialah dengan melakukan gerakan child’s pose. Gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan tulang rusuk, bokong, dan hamstring, serta meredakan nyeri di punggung bawah dan leher. Caranya:

  1. Berlututlah di lantai dengan jari-jari kaki menyentuh lantai.
  2. Duduklah di tumit dan posisikan lutut terbuka selebar pinggul.
  3. Baringkan badan menelungkup di antara paha. Biarkan lengan lurus di lantai.
  4. Tahan posisi tersebut selama 30 detik hingga 3 menit.

3. Mountain pose

Mountain pose adalah gerakan yang bisa membantu melatih tubuh untuk berdiri tegap sempurna. Berikut caranya:

  1. Berdirilah dengan santai sambil merapatkan kedua kaki.
  2. Tarik bahu ke belakang sambil membusungkan dada ke depan.
  3. Biarkan lengan menggantung di samping badan. Tekuk siku sedikit, dan hadapkan telapak tangan ke depan.
  4. Tarik leher ke atas, jagalah posisi kepala tetap tegap dan pandangan fokus ke depan.
  5. Rasakan punggung mengencang sampai benar-benar lurus.
  6. Tahan posisi ini selama beberapa saat.

4. Bridge Pose

Tujuan gerakan ini yaitu memperkuat tulang punggung dan membantu meluruskannya. Cara memperbaiki postur tubuh dengan gerakan berikut adalah:

  1. Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menempel di lantai. Biarkan tangan lurus di samping badan.
  2. Tarik napas dalam-dalam secara perlahan dan angkat pinggul ke atas.
  3. Tahan posisi pinggul di udara, dan satukan kedua tangan di bawah punggung. Pastikan siku tetap lurus dan menempel di lantai.
  4. Tahan posi ini selama 3-4 kali napas panjang.
  5. Turunkan pinggul, ulang sebanyak 2-5 kali.

5. High Plank

Selain bisa membantu meningkatkan keseimbangan tubuh, gerakan ini juga dapat meningkatkan kekuatan perut serta punggung. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Berbaring tengkurap dan luruskan kaki ke belakang.
  2. Dorong kedua lengan ke atas hingga lurus sempurna.
  3. Pastikan posisi kepala, leher, punggung, bokong, dan kaki tetap lurus.
  4. Tahan posisi ini selama 30-60 detik.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk menjadi tegak. Tentunya postur tubuhmu tidak akan langsung tegak dalam waktu semalam. Dibutuhkan waktu dan konsistensi darimu agar postur tubuhmu bisa menjadi tegak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading