Sukses

Lifestyle

Berkenalan dengan Planet Heroes, Platform Crowdfunding Ekologi Pertama di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Persoalan sampah di Indonesia memang tidak ada habisnya. Akan tetapi, persoalan ini harus menjadi perhatian utama bersama, sebab penanganan dan pengelolaannya melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Perlu diingat bahwa hari Peduli Sampah Nasional akan jatuh pada 21 Februari 2023. Peringatan ini menjadi salah satu pendorong untuk membangun kesadaran publik dalam upaya mengurangi sampah.

Sebab, sampah dapat menjadi ancaman bagi kesehatan dan juga dapat merusak lingkungan. Agar hal tersebut  tidak terjadi, maka penting untuk kita ikut berpartisipasi dalam gerakan peduli lingkungan, salah satunya seperti yang dilakukan dengan Planet Heroes.

Dilansir dari Preventwaste,net, Planet Heroes merupakan platform urun dana (crowdfunding) ekologi pertama di dunia yang didirikan pada tahun 2019 di Polandia. Platform ini bertujuan untuk menciptakan kebiasaan kegiatan pembersihan rutin dan juga dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan. Dengan demikian, platform ini dapat mendorong masyarakat untuk bertanggung jawab terhadap ruang publik. 

Planet Heroes telah mendunia

Dilansir dari Planetheroes, Planet Heroes juga menciptakan ruang online bagi siapapun yang membersihkan sampah di sekitarnya dan dapat mempublikasikan aksinya melalui foto atau video karya yang diunggah ke platform ini. Unggahan karya tersebut akan diberikan imbalan dari Planet Heroes untuk mereka.

Hal tersebut juga menjadi salah satu solusi untuk mengajak masyarakat untuk peduli dengan lingkungan. Aksi dari kampanye yang diberikan oleh Planet Heroes juga sudah dilakukan oleh banyak pengguna dari 33 negara yang juga mempublikasikan karya mereka di platform ini.

Planet Heroes telah masuk ke Indonesia dan juga mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kampanye ini. Memasuki pasar baru Indonesia menjadi langkah selanjutnya dalam pengembangan platform Planet Heroes dan menginternasionalkan solusi ini.

Kehadiran Planet Heroes mendukung Indonesia Bersih

Kehadiran Planet Heroes membawa dampak positif bagi Indonesia. Beberapa masyarakat telah menggunakan solusi tersebut dengan mempublikasikan proyek-proyek mereka dalam mengumpulkan sampah di beberapa daerah. Salah satu komunitas di Indonesia yang bernama Komunitas Bank Sampah Dayung Habibah di Lombok telah melaksanakan kampanye dari Planet Heroes bersama 50 sukarelawan dan berhasil mengumpulkan 85 kantong sampah. 

Meninjau dari kampanye ini juga dilakukan oleh warga Indonesia, pencipta Planet Heroes dengan senang hati mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menemukan mitra yang dapat diandalkan untuk memulai kampanye bagi Indonesia. Kemitraan lainnya dengan perusahaan biofarmasi "Moleac" juga akan dimulai pada awal tahun 2023.

Selain itu, Planet Heroes juga memberikan imbalan bagi masyarakat yang mengumpulkan sekantong sampah di Indonesia akan menerima 1 Euro atau sekitar Rp16.000. Dengan demikian, siapapun yang membersihkan lingkungan alam Indonesia akan mendapatkan hadiah berupa uang. Hal ini juga bisa dimanfaatkan sebagi sumber pendapatan bagi masyarakat Indonesia.

 

*Penulis: Amelia Septika.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading