Sukses

Lifestyle

5 Ciri Perempuan Kuat Hadapi Kerasnya Hidup tanpa Diremehkan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Tidak semua di antara kita terlahir dengan privilege atau keistimewaan yang spesial. Kita mungkin bukan termasuk perempuan yang terlahir dengan kondisi yang serba mudah. Bahkan di antara kita ada yang sudah dihadapkan pada sulit dan kerasnya kehidupan sejak masih kecil atau belia.

Kerasnya hidup yang kita jalani memang bisa membuat kita merasa menjadi perempuan yang paling malang di dunia. Seakan-akan dunia tak pernah memihak kita. Bahkan takdir baik seakan memalingkan mukanya dari kita. Meskipun begitu, bisa jadi selama ini kita sudah punya kemampuan menjadi perempuan kuat yang bisa hadapi kerasnya hidup. Bahkan kita memiliki kelebihan sendiri yang membuat pribadi kita tak gampang direndahkan orang lain.

 

 

 

 

1. Kamu Memilih Beradaptasi Hadapi Kenyataan Hidup

Ada kutipan menarik dari buku Meditations: Jalan Stoik untuk Hidup Asyik. Kutipannya, "Segala peristiwa dalam hidupmu terjadi demikian adanya karena kau mampu menghadapinya dengan ketahanan alamimu, atau bisa juga tidak. Jadi, jika itu adalah peristiwa yang mampu kauhadapi, jangan mengeluh, tetapi hadapilah, seperti kau dilahirkan untuk menghadapinya."

"Namun, jika itu di luar kemampuanmu, jangan mengeluh juga, karena masalah itu akan menghilang setelah ia menyita pikiranmu."

'Ingat, bagaimanapun, bahwa kau pada dasarnya dilahirkan untuk bertahan dalam menghadapi semua yang menurut penilaianmu sendiri dapat ditanggung, atau ditoleransi dalam tindakan, jika kau menyampaikan pada dirimu sendiri bahwa ini adalah keuntungan atau kewajiban bagimu."

Caramu menyikapi hidup yang tak gampang mengeluh bisa membentuk mentalmu jadi lebih kuat. Meski mungkin sesekali kamu melampiaskan rasa kesal atau marah, tapi selama kamu masih memilih untuk berusaha beradaptasi hadapi situasi yang ada maka kamu akan selalu punya kemampuan untuk bertahan hadapi kesulitan hidup.

2. Kamu Berjuang untuk Berdiri di Atas Kaki Sendiri

 

Kerasnya hidup memang menempa mentalmu lebih keras. Ujian, cobaan, dan masalah hidup yang kamu hadapi lebih berat dari yang dihadapi orang lain. Ketika kamu menyikapinya dengan berusaha berjuang lebih keras untuk bisa menjadi perempuan yang berdaya dan berdiri di atas kaki sendiri, maka kamu pasti bisa bertahan hadapi masa-masa sulit yang ada.

 

 

3. Kamu Bisa Mahir di Bidang atau Keahlian Tertentu

Orang yang meremehkanmu biasanya menganggapmu lemah. Kalau tidak ingin diremehkan atau dipandang rendah oleh orang lain, maka kamu perlu membuktikan bahwa dirimu adalah perempuan yang memiliki kelebihan sendiri. Jadilah mahir di bidang tertentu. Cobalah untuk menguasai keahlian tertentu yang membuatmu memiliki peran penting di kehidupan orang lain.

 

 

4. Kamu Berani Menjalani Pilihan Hidupmu Sendiri

Ada keberanian yang kamu miliki dalam menjalani dan bertanggung jawab atas pilihan yang kamu ambil dalam hidup. Kerasnya hidup membuatmu tahu bahwa apa pun pilihan yang diambil akan menghadirkan risiko dan konsekuensinya sendiri. Selama kamu meyakini ada hal baik yang bisa kamu upayakan atau dapatkan dari pilihan hidup yang kamu jalani, maka akan selalu ada pintu terbuka yang menawarkan jalan keluar di tiap masalah yang kamu hadapi.

 

 

5. Kamu Tahu Cara Mengupayakan Kebahagiaanmu Sendiri

Mengupayakan kebahagian sendiri bukan berarti kamu egois. Justru kamu bisa memiliki peluang untuk membahagiakan lebih banyak orang ketika kamu sudah bisa merasa cukup bahagia dengan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia. Kerasnya hidup tak lagi membuatmu mudah jatuh tersungkur selama kamu selalu punya cara atau metode sendiri untuk menemukan kebahagiaan-kebahagiaan kecil di tiap perjalanan hidup yang kamu lalui.

Semoga kamu bisa menjalani hidupmu dengan senyuman merekah di wajahmu dan hati yang tangguh di dalam dirimu. Terima kasih sudah berjuang dengan baik hingga sampai ke titik ini. Kamu sudah menjadi perempuan yang luar biasa kuat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading